Razia Penduduk Mesti Diimbangi Pelayanan Prima

704 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Rencana razia penduduk atau warga pendatang baru yang akan dilakukan Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru mesti diimbangi dengan pelayanan prima terhadap masyarakat. Selain itu, pemerintah Kota Pekanbaru juga diminta untuk selektif dan profesional melakukan razia pendatang baru ke Kota Bertuah yang direncanakan pasca lebaran tahun ini.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPR) Daerah Kota Pekanbaru, M.Sabarudi mengatakan hal tersebut menanggapi rencana razia pendatang yang akan dilakukan Disdukcapil setelah lebaran tahun ini. Menurut Sabarudi, penertiban penduduk tersebut merupakjan penegakan terhadap peraturan daerah tentang kependudukan di Pekanbaru.

“Dalam aksi penertiban nanti, kita harap bisa profesional dengan bisa membedakan apakah itu pendatang sebagai orang liburan atau sebagai pendatang yang memang akan lama tinggal di Pekanbaru ini,”ungkap Sabarudi kepada RiauInfo.

Namun Sabarudi mengakui akan mudah bagi pendatang untuk mengaku sebagai liburan dan berkunjung sementara di Pekanbaru. Keadaan ini dituntut kejujuran bagi setiap pendatang. Sedangkan bagi pendatang yang memang akan menetap diwajibkan mempunyai penjamin di Kota ini.

“Sebenarnya, jika pelayanan terhadap segala administrasi kependudukan, seperti surat pindah, KTP dan sebagainya berjalan lancar, maka tidak akan ada kendala. Hal terpenting yang perlu ditingkatkan hanyalah koordinasi pemeritah terhadap jajarannya hingga ke tingkat RT, RW, Kecamatan hingga ke Dinas. Selama ini sistim itu yang kurang berjalan lancar,”ungkap Sabarudi.(Surya)

Posting Terkait