RAWAN ANGIN KENCANG… Hujan Lebat Berpotensi di Riau Selatan

PEKANBARU (RiauInfo) – Temperatur maksimum mencapai 35 Derjat Celsius di wilayah Provinsi Riau, Jumat (24/04/2009) ini. Sementara, peluang hujan masih ada di wilayah Riau bagian Selatan dan sedikit di bagian Riau tengah. Keadaan itu dinilai masih berpotensi menimbulkan angin kencang di daerah yang berpeluang hujan itu.

Meski tidak tahu pasti kapan dan lokasi angin kencang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyatakan, cuaca cerah serta temperatur tinggi siang hari menghasilkan uap panas di daratan Riau.

Sedangkan peluang hujan pada sore atau malam hari memberikan hawa dingin di sejumlah daerah. Pertemuan dua kutub yang berlawanan tersebut secara sporadis akan merubah tekanan udara. Sehingga kecepatan angin akan terpicu secara singkat di sejumlah daerah Riau.

BMKG Pekanbaru menegaskan tidak bisa menentukan di mana dan kapan terjadinya angin kencang. Namun pertemuan cuaca panas dan hujan seringkali akan merubah tekanan udara. Umumnya terjadi sebelum atau beserta hujan.

“Hari ini peluang hujan berintensitas sedang hingga lebat ada di Riau bagian Selatan, seperti di daerah Kabupaten Pelalawan, Inhu dan Kuansing pada sore atau malam hari. Sedangkan peluang hujan berintensitas ringan dan sedang ada di Riau tengah seperti Pekanbaru dan Kampar “ungkap Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Slamet Riyadi di Pekanbaru.(Surya)

Rizki: