Ratusan Rumah, Puskemas dan Rumah Sakit Jiwa Ikut Terendam

PEKANBARU (RiauInfo) – Bila selama ini banjir di Pekanbaru selalu melanda kawasan yang berada di pesisir Sungai Siak, namun kali ini kawasan yang jauh dari sungai tersebut ternyata bisa dilanda banjir. Sejak beberapa hari terakhir ini kawasan Simpang Panam telah berubah jadi danau karena dilanda banjir.

Banjir yang berasal dari tingginya air hujan itu tidak hanya merendam ratusan rumah warga, tapi juga merendam sejumlah toko, puskesmas bahkan juga Rumah Saki Jiwa (RSJ) Pekanbaru yang berada di kawasan itu. Sedangkan ruas jalan yang direndam banjir panjangnya sudah mencapai kiloan meter.

Namun syukur saja, Jumat (1/2) ini banjir sudah mulai menyusut. Meskipun tadi malam hujan masih saja turun, namun curahnya tidak terlalu besar sehingga tidak menambah parah kondisi. RSJ Pekanbaru yang kemaren sempat dimasuki air, hari ini air hanya mencapai halamannya saja. Begitu pula dengan toko dan rumah warga, sudah tidak banyak lagi digenangi air.

Romi (31) salah seorang warga mengatakan, bila dibandingkan kemaren, hari ini air tinggal setengahnya saja. Jalan di sekitar Tabek Gadang yang kemaren tidak bisa dilalui kendaraan, kini sudah bisa dilalui. “Kemaren merupakan banjir yang terparah terjadi di kawasan ini,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini masyarakat di sekitar lokasi banjir itu masih terus khawatir jika hujan lebat turun lagi. Sebab kalau hujan lebat turun lagi dalam waktu lama, maka dipastikan banjir akan semakin parah. “Iya kita doakan saja cuaca di Pekanbaru membaik,” tambahnya.(Ad)

Rizki: