Ratusan Karyawan Riaupulp Ikuti Donor Darah Massal

PANGKALAN KERINCI (RiauInfo) – PT Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp) melalui Community Religious Affairs Department bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Transfusi Darah (UTD) Pekanbaru dan PMI UTD Kabupaten Pelalawan dan paguyuban se – Riau Complex kembali mengadakan Donor Darah Massal untuk yang ke 16 kalinya diikuti ratusan karyawan dan keluarga, di Medical Clinic Riau Complex, Sabtu (26/1) kemarin.

Bhakti sosial yang dilakukan Riaupulp setiap empat bulanan ini diikuti 180 orang pendaftar yang terdiri dari karyawan maupun keluarga untuk mendonorkan darahnya. Setelah melalui proses peneriksaan umum seperti hemoglobin darah dan tensi darah tim medis hanya merekomendasikan 115 orang yang layak mendonorkan darahnya. Dari jumlah tersebut terkumpul 40.250 cc darah.

Manajemen Riaupulp diwakili Industrial and Community Relation Head Elwan Jumandri menyampaikan kegiatan ini merupakan program rutin Riaupulp yang dilakukan sebagai wujud kepedulian perusahaan maupun karyawan dan seluruh keluarga terhadap sesama yang membutuhkan bantuan donor darah.

Kegiatan ini sangat besar manfaatnya baik bagi pendonor maupun sesama yang membutuhkan darah. Kegiatan ini akan terus dilakukan Riaupulp bekerjasama dengan PMI dan berupaya untuk lebih banyak melibatkan peserta dengan harapan dapat meningkatkan stok darah, ungkapnya.

Dikatakan Elwan, sebagai wujud tingginya kepedulian terhadap kegiatan donor darah ini, beberapa pendonor aktif di lingkungan Riaupulp telah membentuk Keluarga Donor Darah (KDD) Riau Complex. Paguyuban ini nantinya akan menjadi motor bagi seluruh karyawan dan anggotanya dalam mensosialisasikan arti penting dan manfaat donor darah.

KDD ini juga menjadi jembatan tripartit komunikasi antar manajemen dan karyawan serta PMI UTD. Oleh sebab itu, manajemen sangat mendukung organisasi ini terutama dalam melakukan kegiatan donor darah dihari-hari mendatang di Riau Complex, jelas Elwan.

Dibagian lain, Dr. Dian I K Singgih dari PMI UTD Pekanbaru didampingi Dr. Khairul Amri dari PMI UTD Kabupaten Pelalawan mengatakan kegiatan mulia ini sangat banyak manfaatnya, baik yang dirasakan oleh pendonor maupun memenuhi kebutuhan permintaan darah di PMI yang semakin meningkat.

Adapun manfaat yang dirasakan oleh pendonor diantaranya sirkulasi pergantian darah dalam tubuh semakin teratur. Manfaat lainnya yakni membantu saudara kita yang terbaring menunggu uluran darah. PMI sangat mendukung dan bangga terhadap kegiatan rutin Riaupulp ini dan tentunya akan menambah stok darah di PMI UTD Pekanbaru dan PMI UTD Kab. Pelalawan. Tim PMI UTD Pekanbaru dan Kabupaten Pelalawan siap kapanpun dibutuhkan untuk mendukung kelancaran kegiatan ini, ujar Dr. Dian.(Ad)

Rizki: