RAKORNAS TIM PENGENDALIAN INFLASI DAERAH SBY: Kebutuhan Rakyat Harus Dikedepankan

528 views
JAKARTA (RiauInfo) – Presiden Susilo Bambang Yudhono membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2012 di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (16/5) pagi. Saat ini terdapat 44 pusat TPID yang tersebar di seluruh provinsi, mereka bertanggung jawab untuk mengendalikan kenaikan harga, khususnya harga pangan di daerah-daerah.

Presiden menekankan pentingnya pengendalian inflasi, khususnya bagi rakyat. Menurut Presiden, bagi rakyat pengertian ekonomi adalah pemenuhan kebutuhan dan oleh karena itu apapun kebijakan yang diambil pemerintah, pemenuhan kebutuhan rakyatlah yang harus dikedepankan.

“Oleh karena itu tepat kalau kita semua, mulai dari saya sampai dengan saudara-saudara semua yang mengemban amanah untuk menyelenggarakan pemerintahan di pusat dann daerah, harus memiliki kepedulian dan memprioritaskan untuk mencukupi kebutuhan dasar rakyat itu, saya garisbawahi utamanya pangan,” Tegas Presiden.

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, dalam sambutannya mewakili kelompok kerja nasional TPID, mengatakan bahwa informasi dalam pengendalian inflasi sangat penting. Hal ini sesuai dengan tema rakornas, yaitu ‘Meningkatkan Peran Pemerintah Daerah dalam Mendukung Stabilitas dengani Penguatan Ketahanan Pangan serta Optimalisasi Pemanfaatan Informasi Harga Pangan Strategis’.

“Beberapa langkah strategis yang ditempuh TPID dan berkontribusi positif terhadap pengendalian inflasi, antara lain, melalui penguatan program komunikasi kebijakan di daerah sehingga mampu mengarahkan ekspektasi inflasi,” ujar Darmin.

Disamping itu diserahkan juga penghargaan pengelolaan inflasi daerah oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Daerah-daerah yang mendapatkan penghargaan, antara lain, Sumatera Utara, Jawa Barat, Suawesi Selatan, Kota Pemantang Siantar, Kota Solo, dan Kota Balikpapan.

Presiden resmi membuka Rakornas TPID 2012 ini dengan memukul gong, didampingi Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mendagri Gamawan Fauzi,Gubernur BI Darmin Nasutio, Sudi Silalahi dan Menteri ESDM Jero Wacik, Sementara Gubernur Seluruh Indonesia termasuk Gubernur Riau HM Rusli Zainal ikut ambil bagian pada Rakor kali ini. (rls)

 

Posting Terkait