Rajab Ritonga : Berkomunikasi Itu Tidak Mudah

505 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Banyak hal yang menjadi faktor keberhasilan suatu komunikasi. Selain kesamaan pesan yang dikirim sama dengan maksud pesan yang diterima, suksesnya komunikasi juga dinilai dari tidak adanya hambatan dalam proses komunikasi tersebut.

Hambatan ini berupa teknis, segi semantik atau dari sisi fisik proses komunikasi. Hasil sulses komunikasi akan tercapai jika pesan yang diterima bisa dilaksanakan dengan baik. Sebaliknya, komunikasi dinilai gagal akibat tidak terpenuhinya faktor pendukung kesuksesan komunikasi tersebut.

Rajab Ritonga selaku Dirut Umum LKBN ANTARA memaparkan hal tersebut di depan puluhan wartawan serta kalangan humas pemerintah daerah Riau yang mengikuti pelatihan pembuatan film dokumenter, Kamis (1/11) di Pekanbaru.

Dalam pemaparannya, Rajab mengatakan, komunikasi adalah inti hidup manusia. Manusia tidak bisa hidup tanpa berkomunikasi. Karena manusia sejak lahir menjelang ajalnya selalu berkomunikasi. Sedang kehadiran ilmu komunikasi seperti oase di tengah padang pasir yang luas bagi manusia.

Dunia audio visual sangat kuat menyampaikan pesan dalam media komunikasi. Selain frame, penyajian yang cepat dan akurat adalah kekuatan audio visual untuk menyampaikan pesan dalam komunikasi. Sehingga saat ini keberadaan media televisi mendapat tempat tertinggi jumlah audiencenya dibanding media lain.(Surya)

 

Posting Terkait