Rabu Pagi, Giliran Pejabat Eselon IV Dilantik Bupati

548 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dibandingkan dengan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebelumnya, dengan SOTK yang baru dibentuk berdasarkan PP 41/2007, terjadi pengembangan jabatan. Apalagi Pemkab Bengkalis, mengambil pola maksimal. 

Konsekuensinya, terjadi peningkatan jumlah jabatan Eselon IIb sebanyak 14 jabatan, eselon IIIb 111 jabatan, eselon IVa sebanyak 170 jabatan dan eselon IVb sebanyak 161 jabatan. Sementara eselon IIIa berkurang 51 jabatan. 2

Adapun tujuan pengembangan beberapa jabatan ini, adalah untuk meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Ini perlu dilakukan, karena terjadinya dinamika masyarakat dan semakin besarnya tugas-tugas pembangunan yang harus segera diselesaikan.

Begitu juga dengan kondisi geografis wilayah Kabupaten Bengkalis yang terdiri dari wilayah kepulauan serta tantangan zaman yang bersifat global di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Bupati Bengkalis, H Syamsurizal mengatakan, dengan penambahan beberapa jabatan struktural, maka rentang kendali (span of control) dari pejabat yang diberikan tugas untuk menangani tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih focus

“Sehingga pejabat tersebut lebih mempunyai ruang gerak dan dapat lebih cepat dalam menyelesaikan tugas pembangunan, serta lebih mudah dalam menyelesaikan masalah yang timbul,” kata Syamsurizal ketika melantik pejabat eselon II dan III di gedung kesenian Cikpuan, Selasa (6/1).

Dikatakannya, sebelum ini, karena terlalu rampingnya SOTK Pemkab Bengkalis, dimana dilakukan penggabungan beberapa bidang tugas, menyebabkan tugas-tugas tersebut menjadi menumpuk pada satu jabatan.

“Akibatnya, pejabat yang bersangkutan menjadi kewalahan, akhirnya terdapat tugas-tugas dan permasalahan yang timbul tidak terselesaikan secara optimal,” kata Syamsurizal.

Berkaitan dengan itu, pada Rabu pagi (7/1), Syamsurizal kembali akan melantik dan mengambil sumpah pejabat struktural. Jika sehari sebelumnya yang dilantik pejabat eselon II dan III, pada Rabu ini, giliran pejabat eselon IVa dan IVb.

“Jumlah pejabat eselon IVa dan IVb yang akan dilantik berjumlah sekitar 560 orang. Menurut rencana, mereka juga akan langsung dilantik oleh Bupati Bengkalis,” kata Hermizon. Dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Bengkalis ini, pelantikan pejabat eselon IVa dan IVb ini, juga dilaksanakan di gedung kesenian Cikpuan.(ad)

 

Posting Terkait