Puting Beliung Hancurkan Puluhan Rumah di Bengkalis dan Bagansiapi-api

625 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah Riau tampaknya terus terusan dihantam angin puting beliaung. Setelah Kampar dan Pekanbaru, kali ini angin berkekuatan dahsyat itu berputar-putar di wilayah Bengkalis dan Bagansiapi-api, akibatnya puluhan rumah warga rusak berat.

Puting beliung yang singgah di Pulau Bengkalis terjadi kemaren sekitar pukul 03.15 Win sore hari. Belasan rumah yang umumnya berada di sepanjang pantai rusak berat disapunya. Bahkan tembok pengaman Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bengkalis sepanjang 120 meter ambruk.

Amruknya tembok yang baru saja selesai dibangun itu membuat pihak Lapas Bengkalis bekerja ekstra untuk menjaga jangan sampai ada napi melarikan diri. Untuk mencegah agar jangan ada napi melarikan diri, kini para napi dipindahkan ke tempat lain.

Rumah-rumah yang mengalami rusak berat akibat angin puting beliung juga terjadi di Desa Rimba Sekampung, beberapa tempat di Jalan Sudirman, Jalan HOS Cokroaminoto serta Jalan Kartini. Bahkan sebuah tempat latihan panjat tebing di Jalan Karimun tumbang.

Angin puting beliung juga terjadi Jumat dini hari di Badansiapi-api. Sejumlah atap rumah warga bertanggalan akibat diterjang angin kencang. Selain itu puluhan pohon besar tumbang, namun tidak ada yang menimpa bangunan ataupun mobil.

A Long (47) salah seorang warga mengatakan, saat angin kencang atap rumah berbunyi-bunyi seakan-akan mau terbang. “Untung saja angin hanya menerbangkan tiga lembar atap seng rumah saya. Sekarangs seng yang sudah lepas itu sudah saya ganti kembali,” jelasnya.(ad)

 

Posting Terkait