Puskesmes 24 Jam Sepanjang Arus Mudik

542 views

PEKANBARU (RiauInfo)-Tingginya angka kecelakaan dalam keramaian arus mudik lebaran, membuat berbagai pihak terkait selalu siaga. Salah satunya Dinas Kesehatan Riau, dalam hal ini mengambil langkah siaga dengan membuka Puskesmas 24 jam di sepanjang arus mudik wilayah Riau.

Selain layanan Puskesmas 24 jam tersebut, menghadapi arus lebaran 2007 ini, seperti tahun lalu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau kembali membuka Posko pelayanan kesehatan yang diperuntukkan bagi semua kalangan masyarakat.

“Posko pelayanan kesehatan tersebut akan di buka pada H-7 dan H+7 dipusatkan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru,” ujar Kasubdin Yankes dan Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Burhanuddin Agung, kepada wartawan, Selasa (25/9) di Pekanbaru.

Menurut Burhanuddin, para tim medis kesehatan juga akan di sebarkan di seluruh Posko yang telah disepakati dengan pihak kepolisian. “Artinya setiap Posko yang di dirikan oleh pihak kepolisian, tim medis akan di kerahkan disana dalam waktu 24 jam,” ujar Burhanuddin.

Posko Dinas Kesehatan tersebut akan memberikan layanan terhadap masyarakat yang kena penyakit KLB (Keadaan Luar Biasa), kasus keracunan, korban darurat dan pelayanan kesehatan lainnya. Selain itu, posko kesehatan ini juga memberikan layanan Mandi Cuci Kakus (MCK) bagi masyarakat.

Burhanuddin mengharapkan, kepada pemerintah Kabupaten/Kota melalui Dinas terkait untuk segera melakukan penyebaran tenaga medisnya ke berbagai Posko yang telah ditentukan, karena hanya Pemerintah Kabupaten/Kota yang memiliki tenaga tersebut.

“Penyebaran tim medis harus telah dilakukan minimal H-14, agar pelayanan kesehatan pada Posko dapat prima dan berlangsung lebih lama,” ungkapnya.(Surya)

 

Posting Terkait