Puskesmas di Riau Akan Berikan Pengobatan Gratis

580 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat tak mampu di Riau tak perlu cemas tidak bakalan mendapatkan pelayanan kesehatan jika sakit. Saat ini Dinas Kesehatan Riau telah menjalankan program pemberian pelayanan kesehatan bermutu gratis melalui setiap Puskesmas di Riau. 

Kepala Sub Dinas (Kasubdin) Pelayanan Kesehatan dan Gizi Diskes Riau, Burhanudian Agung dalam keterangannya Senin (2/4) di Pekanbaru mengatakan pemberian pelayanan kesehatan bermutu kepada seluruh masyarakat dalam pengobatan gratis di Puskesmas menjadi salah satu program utama Diskes Riau pada tahun 2007 hingga 2008.

Dia mengatakan selain pengobatan gratis Diskes juga akan meningkatkan pelayanan masyarakat miskin di seluruh jajaran sarana pelayanan kesehatan se-Provinsi Riau.

Untuk itu, Diskes Riau telah berkoordinasi dan membuat kesepakatan dengan seluruh dinas kesehatan di kabupaten/kota dan juga RSUD se-Provinsi Riau.

Selain itu, Diskes juga akan merealisasikan ketersediaan obat esensial di setiap desa pada tahun 2008 dan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.

Pihaknya juga akan melakukan juga akreditasi rumah sakit minimal lima pelayanan pada seluruh rumah sakit di Riau pada tahun 2008. Diskes juga akan mewujudkan bahwa setiap RSUD kabupaten/kota memiliki bank darah sendiri, sebelumnya pasokan darah hanya mengandalkan Palang
Merah Indonesia (PMI).(Ad)

Posting Terkait