Puluhan Sawmill di Pekanbaru Terancam Tutup

585 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat Pekanbaru bersiap-siaplah kesulitan mendapatkan kayu atau papan untuk membangun rumahnya. Sebab saat ini puluhan sawmill yang beroperasi di Pekanbaru terancam tutup karena mengalami kesulitan dalam mendapatkan bahan baku kayu.

Keterangan yang diperoleh RiauInfo Senin (3/12) di sejumlah sawmill menyebutkan, sejak maraknya aksi penanggulangan penebangan liar (illegal logging) para pengusaha sawmill di Pekanbaru semakin sulit mendapatkan kayu. Padahal kayu tersebut bahan baku mereka.

Bila biasanya mereka bisa mendapatkan bahan baku kayu sekitar dua truk dalam satu pekan, namun sekarang sekali sepekan saja sulit mendapatkannya. “Padahal permintaan kayu balok dan papan dari masyarakat yang sedang membangun rumah semakin meningkat,” ujar Ujang (36) salah seorang pemilik sawmill.

Dengan sulitnuya mendapatkan bahan baku kayu ini, Ujang mengaku kesulitan juga memnbayar para karyawannya. Saat ini dia memiliki karyawan sebanyak 4 orang yang digaji per bulan. “Karena kayu tidak ada, maka pemasukan juga tidak ada. Lalu bagaimana saya akan membayar gaji mereka,” tambahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Turino (47)pemilik sawmill lainnya yang juga mengaku kesulitan mendapatkan bahan baku kayu. BAhkan Turino saat ini sudah bersiap-siap akan menutup usaha sawmillnya itu. “Saya tidak mungkin bisa bertahan kalau bahan bakunya tidak ada,” jelasnya.(Ad)

 

Posting Terkait