Public Service Menentukan Kualitas Layanan

618 views

PEKANBARU (RiauInfo) – “Walau di Pekanbaru berobat ke Puskesmas gratis, hal ini tidak menjamin seseorang untuk berobat ke Puskesmas jika pelayanannya kurang memberi kesan baik bagi pengunjung,” ujar pemakalah pelatihan Public Service, Soloan Siringoringo dari Kepala Cabang Bank Mandiri jalan A. Yani Pekanbaru.

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat sangat diperlukan tenaga pelayanan publik yang dapat melayani publik secara professional

Hal tersebut salah satu yang mendorong Diskes Pekanbaru menggelar pelatihan Public Service Bagi Petugas Puskesmas se-Kota Pekanbaru. Sebanyak 50 peserta dari perwakilan 17 Puskesmas yang ada di Pekanbaru mengikuti pelatihan ini di Hotel Mutiara Merdeka sejak dua hari yang lalu.

“Ini hari terakhir pelaksanaan pelatihan Public Service bagi Petugas Puskesmas se-Pekanbaru. Kita harapkan dengan pelatihan ini akan meningkatkan kinerja Puskesmas terhadap masyarakat dan menjadikan tingkat pelayanan seimbang Standar Operasi Prosedur (SOP),” terang Kasi Pelayanan Sarana Kesehatan Diskes Pekanbaru, Drg. Hj. Sri Darmawati pada RiauInfo, Kamis (5/7) di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru.

Selanjutnya Soloan mengatakan, dalam pelayanan public hal penting yang perlu dibangun adalah tingkat kepercayaan antara konsumen dan yang melayaninya. Selain itu, menciptakan kenyamanan untuk publik secara teknis menyangkut tersedianya berbagai fasilitas yang ada di suatu lembaga untuk melayani konsumennya.

Dalam beberapa sesi pertemuan, Soloan menjelaskan, Public Service pada konsumen akan merubah pola pelayanan secara menyeluruh terhadap masyarakat. Sehingga, lanjut Soloan, pelayanan akan mendapat kesan yang baik dan menjadikan masyarakat lebih cenderung berobat ke Puskesmas tanpa ada penilaian negatif pada Puskesmas.(Surya)

 

Posting Terkait