PT RAPP Komit Membantu Penyelesaian Sengketa Lahan

732 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Konflik tragis yang menimpa sejumlah penduduk Desa Tangun dan salah satu perusahaan perkebunan terkait sengketa lahan di Kabupaten Rokan Hulu, Riau menjadi perhatian serius di berbagai kalangan, termasuk PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT.RAPP).

“Kami sangat menyayangkan berita tentang tewasnya tiga orang penduduk, di mana dilaporkan bahwa adanya penyerangan dan pengrusakan kantor dan barak PT Sumatera Sylva Lestari (SSL) oleh penduduk dan kemudian melarikan diri ketika polisi datang,” ujar Nandik Sufaryono, Manajer Hubungan Media RAPP saat ditemui di Pangkalan Kerinci, Selasa (9/6).

Nandik juga menegaskan bahwa perusahaan tersebut bukanlah bagian atau anak perusahaan PT RAPP, melainkan salah satu perusahaan yang memasok kayu ke pabrik penghasil bubur kertas itu.

Sebagai perusahaan yang bertanggungjawab, kata Nandik, PT. RAPP menerapkan proses penyelesaian sengketa lahan dan standar prosedur operasional (SOP) sesuai dengan hukum Indonesia dan konvensi Internasional. Hal tersebut melibatkan banyak pihak (stakeholder). Proses ini membutuhkan keikutsertaan seluruh pihak terkait dan akan memakan waktu agar dapat diterapkan secara sempurna.

“PT.RAPP mewajibkan setiap perusahaan mitra yang menyuplai kayu agar mengikuti konsep praktek terbaik yang berkelanjutan dan benchmark internasional, termasuk hal-hal yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat dan penyelesaian sengketa lahan,” kata Nandik.

Sehubungan hal tersebut, maka PT.RAPP akan membantu mengembangkan organisasi mereka dan kemampuan operasional mereka untuk menjalankan SOP yang sudah ditetapkan guna memperoleh hasil yang optimal.(ad)

Posting Terkait