PT CPI Kembali Buka Peluang Bagi Mahasiswa Riau Ikuti Program Magang

526 views

PEKANBARU (RiauInfo) – PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) kembali memberikan kesempatan kepada mahasiswa Riau untuk belajar bekerja, atau magang, di industri migas. PT CPI menyediakan 123 posisi di berbagai departemen bagi para mahasiwa untuk menimba pengalaman kerja selama 6 bulan dengan imbalan pendapatan sesuai aturan perusahaan. Program ini disebut dengan Belajar Bekerja Terpadu (BBT).

“Program BBT, yang sudah berjalan hampir tujuh tahun ini, turut membantu akreditasi jurusan sehingga kualitas lulusan diharapkan juga terus meningkat. Sedangkan bagi mahasiswa, program ini berhasil memperpendek durasi masa tunggu antara kelulusan dengan keberhasilan memperoleh pekerjaan,” papar Usman Slamet selaku GM Policy, Government & Public Affairs (PGPA) PT CPI. Karena itu, lanjut dia, program ini sangat strategis dengan melibatkan perguruan tinggi, mahasiswa dan dunia usaha.

Persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya telah menyelesaikan mata kuliah teori atau minimal 110 SKS dan IPK minimal 3,00. Pendaftaran dapat dilakukan di Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (P2K2) Universitas Riau (UR), Kampus Gobah, dan Politeknik Caltex Riau (PCR). Pendaftaran dibuka sejak pekan lalu hingga hari ini (Jumat, 18/1).

Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait Program BBT angkatan XII, calon peserta dapat menghubungi (0761) 37556, atau mengunjungi laman facebook P2K2 Universitas Riau. Berkas persyaratan dapat dikirim melalui email p2k2coopchevron@gmail.com.

Kesempatan magang ini dibuka bagi mahasiswa dari lima perguruan tinggi terkemuka di Riau, yakni Universitas Riau (UR), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Qasim, Universitas Lancang Kuning (Unilak), Politeknik Caltex Riau (PCR) dan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Mahasiswa yang dibutuhkan berasal dari jurusan Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi Pembangunan, Teknik Komputer, Teknik Kimia, Teknik Sipil, FMIPA Kimia, Komunikasi, Hukum, FKIP Bahasa Inggris, Perpajakan, Teknik Elektro, Psikologi Industri, dan Teknik Elektro. Proses seleksi dilaksanakan oleh P2K2-UR dan PCR yang berlangsung pada 19 Januari dan 21 Januari. Seleksi terdiri dari dua tahap, yakni tes tertulis dan wawancara, yang melibatkan perwakilan departemen-departemen di PT CPI sebagai calon pengguna keahlian atau keterampilan dari para peserta.

Program BBT di PT CPI telah berlangsung sejak 2006 dan telah menyertakan ratusan mahasiswa Riau yang digembleng agar siap terjun di dunia kerja kelak. Namun, secara filosofis program, kegiatan semacam itu sudah dirintis PT CPI sejak tiga dekade silam. Selain BBT, PT CPI juga membantu mahasiswa dari berbagai kampus di tanah air dengan menyediakan peluang melakukan kerja praktek/KP dan tugas akhir/TA. Sementara untuk siswa SMK di wilayah operasi, PT CPI dan para mitra kerjanya menyediakan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bersinergi dengan sekolah-sekolah bersangkutan.(zas/rls)

Posting Terkait