PT CPI Bantu Poktan Bukit Kapur 20 Ribu Bibit Lele

1028 views
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

PRKANBARU (RiauInfo) – Kelompok Tani Tunas Karya di Kelurahan Kampung Baru, kecamatan Bukit Kapur, Dumai, Jumat (18/9) menerima sebanyak 6.000 bibit ikan lele dari PT Chevron Pacific Indonesia. Bantuan ini merupakan salah satu tahap dari total 20 ribu bibit ikan lele untuk kelompok tani ini.

Sebelumnya, pada awal September 2015, Departemen PGPA PT CPI Dumai sudah menyerahkan 10 ribu bibit ikan lele, dan sisanya sebanyak 4 ribu bibit akan diserahkan awal Oktober mendatang.

Penyerahan bantuan oleh CPI ini disaksikan oleh Lurah Kampung Baru, Wagimen. Dalam sambutannya, Wagimen berharap agar bantuan ini bisa menjadi pemicu untuk kemajuan kelompok tani ini. “Kami menyampaikan terimakasih kepada PT.

CPI atas bantuannya kepada kelompok Tunas Karya. Sepatutnya jika ada yang membantu, kita bisa menjaganya dan merawatnya. Dan saya harap lewat bantuan ini, kita tidak hanya meminta terus. Namun kita harus berupaya agar bantuan ini berhasil dan berkembang biak dengan baik,” ungkap Wagimen.

Sementara itu manajemen PT CPI yang diwakili oleh Team Manager PGPA Dumai, Tommy Sibuea menyampaikan bentuk bantuan bibit lele ini adalah merupakan salah satu bagian dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi.

“Bantuan yang kami sampaikan ini merupakan sebuah upaya agar kita dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya kelompok Tunas Karya untuk keberlangsungan hidup yang lebih baik. Diharapkan keberhasilan kelompok ini nantinya akan berlanjut kepada peningkatan ekonomi keluarga dari anggota kelompok secara langsung, maupun kelompok masyarakat sekitar dimana usaha ini berada,” ungkap Tommy Sibuea.

Kelompok Tani Tunas Karya yang beranggotakan 15 petani di Kecamatan Bukit Kapur adalah kelompok binaan PT CPI Dumai untuk sektor pertanian terpadu (integrated farming) melalui program PRISMA (Promoting Sustainable Integrated Farming, Small Enterprise Cluster and Microfinance Access) yang didampingi oleh Yayasan Sahabat Cipta dalam pelaksanaannya.

Terkait bantuan bibit ikan lele yang diberikan, Ketua Kelompok Tani Tunas Karya, Rahmat menyampaikan rasa terimakasihnya kepada PT CPI. “Harapan kami, bantuan ini bisa bermanfaat dan berjalan sesuai dengan harapan kita semua,” kata Rahmat. Selain ikan lele, sektor perikanan darat yang diupayakan oleh Kelompok Tani Tunas Karya ini juga memiliki kolam ikan nila, dan gurami serta perkebunan sayur mayor.

Program PRISMA yang dilakukan oleh PT CPI adalah bagian dari prinsip utama Chevron di setiap wilayah operasinya, yaitu Tumbuh dan Berkembang Bersama Masyarakat. Program PRISMA juga sudah dilakukan di Kota Duri yang membawahi sektor perikanan darat dan perkebunan serta peternakan. Program serupa juga berjalan di Kalimantan Timur dan Jawa Barat sejak 2012 silam.(rls/ad)

Posting Terkait