PROVINSI LAIN BEBAS TITIK API… Karhutla Bertahan di Provinsi Lampung

535 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah pulau Sumatera mengalami penurunan jumlah Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kamis (30/10) ini. BMG mendapatkan pemicu penurunan jumlah Karhutla itu akibat hujan di sejumlah wilayah pulau Sumatera. Namun satu provinsi masih mengalami Karhutla hari ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelitNational Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 hanya menangkap 4 titik Karhutla di wilayah Provinsi Lampung. Sedangkan wilayah provinsi lainnya tidak ada titik Karhutla.

Menurut BMG, penurunan jumlah titik Karhutla itu merupakan pertanda hujan yang mulai merata terjadi di sejumlah provinsi wilayah pulau Sumatera. BMG menangkap gejala peralihan cuaca terjadi di sejulah provinsi. Peralihan cuaca itu akan rawan menimbulkan angin kencang dan kondisi udara yang kurang kondusif.

“Peralihan cuaca itu akibat adanya perubahan cuaca panas menjadi kembali pada gejala hujan di sejumlah wilayah provinsi. Seperti wilayah provinsi Riau sendiri, saat ini perubahan cuaca itu terjadi. Seperti panas pada siang kemarin, sedangkan Kamis siang ini terlihat banyak awan di atas Riau,”ujar staf analisa Ardhitama mewakili kepala BMG Stasiun Pekanbaru, Blucer Dolog Saribu kepada RiauInfo.(Surya)

Posting Terkait