Produksi Sampah Masyarakat Pekanbaru Terus Bertambah

778 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selain memanfaatkan Tempat Penampungan Akhir Akhir (TPA) Muara Fajar, Rumbai, Pemko Pekanbaru saat ini sedang mempersiapkan dua TPA lagi untuk menampung sampah yang diproduksi di kota Pekanbaru. 

Kedua TPA baru itu yakni di Kulim yang dalam waktu dekat akan segera dioperasi, dan satunya lagi di Tampan yang sekarang ini sedang dalam proses pembebasan lahan. Disiapkannya dua TPA baru itu guna menghadapi makin meningkatkan produksi sampah di Pekanbaru.

Kepala Seksi Pertamanan dan Sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru, Sihmanto kepada wartawan Kamis (3/5) di Pekanbaru mengatakan, produksi sampah di Pekanbaru setiap tahunnya memang terus mengalami peningkatan.

Saat ini saja menurut dia, tiap harinya telah diproduksi sampah tidak kurang 2 ribu meter kubik. “Semua sampah tersebut diangkat ke TPA yang terdapat di Muara Fajar,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk saat ini TPA Muara Fajar tersebut masih mampu menampung sampah yang dihasilkan masyarakat Pekanbaru. Namun lama-lama tentunya TPA itu akan penuh, sehingga Pemko Pekanbaru saat ini sedang menyiapkan dua tempat TPA yaitu di Kulim dan Tampan.

Ketika ditanya apakah ada masyarakat di Muara Fajar daerahnya dijadikan TPA sampah, dia mengatakan sampai saat ini tidak ada keluhan. Lagi pula sevara berkala pihaknya menyemprotkan anti-biotic untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan oleh sampah.

Malahan masyarakat di Muara Fajar merasa terbantu dengan adanya TPA tersebut, karena mereka bisa mendapatkan mata pencarian sebagai pencari barang bekas. “Ya kita juga merasa senang jika kehadiran TPA itu juga bisa membantu orang lain,” tambahnya.(Ad)

Posting Terkait