Produk Hukum Butuh Dokumentasi Berbasis Teknologi

534 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Produk hukum, baik tingkat pusat dan daerah membutuhkan data dan sistim informasi berbasis teknologi. Sedangkan peningkatan komunikasi produk hukum dengan kalangan masyrakat luas membutuhkan Sistim Informasi Hukum berbasis website. Untuk meningkatkan dan mempercepat terwujudnya Sistim Informasi Hukum yang berbasis web site, Biro hukum organisasi dan tata laksana Sekdaprov Riau mengadakan pelatihan pelaksana pengguna web site, Senin (10/8/09) ini di Pekanbaru.

Sebagai narasumber, Biro Hukum Sekretaris Jenderal Departemen Dalam Negeri Eduar S. Puji menyatakan, kebutuhan dokumentasi terhadap teknologi merupakan hal yang perlu diwujudkan dalam pemerintahan, khusunya bagi produk hukum.

Kendala utama yang sering dijumpai bagi bidang hukum di pemerintahan adalah penyediaan Sumber Daya Manusia terkait teknologi tersebut. Selain itu, kesadaran dan pemahaman yang masih menilai teknologi sebagai sampingan dalam sarana pekerjaan dan pelayanan publik juga masih minim.

“Harus ada kesadaran dan keyakinan serta kemauan untuk memulainya dari segenap aparat khususnya bidang hukum di pemerintahan tingkat daerah. Karena ini sangat simpel dan mudah melakukannya. Hanya perlu perhatian dan pelaksanaan dimulai dari saat ini. Sehingga segala produk hukum baik dari daerah tingkat provinsi maupun kabupaten dan pusat bisa terdata dengan sistim online,”terang Eduar S Puji dalam pelatihan pengguna web site di Pekanbaru.

Pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan dinas/badan, biro lingkungan pemerintah Provinsi Riau dan daerah kabupaten/kota se Riau. Kepala Biro Hukum Organisasi dan Tatalaksana Sekdaprov Riau, Nazaruddin, secara resmi mewakili gubernur membuka acara yang berlangsung di hotel Ratu Mayang Garden tersebut.

“Semoga dengan pelatihan ini merupakan langkah awal kita untuk mempercepat terwujudnya Sistim Informasi Hukum yang berbasis Web Site, sehingga terjadi komuniksi yang efektif antara anggota jaringan dengan kalangan masyarakat luas,”ujar Nazaruddin.(Surya)

Posting Terkait