Pramuka Memperkuat Kepribadian Generasi Muda

610 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Bupati Bengkalis, H Syamsurizal, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Bengkalis, Kamis (8/3) pagi kemarin, secara resmi membuka Lomba Tingkat III Regu Penggalang Pramuka. Pembukaan kegiatan yang diikuti Kwartir Ranting se Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Bengkalis itu dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pawang Perkasa II Desa Kelapapati. 

Selain Ketua Kwarcab H Riza Pahlefi, sejumlah Pembina Kwarcab Pramuka Bengkalis juga terlihat hadir dalam kegiatan yang bakal berlangsung hingga 11 Maret mendatang itu. Diantaranya H Umran, Alimuzar, Roy Rizal, Aswari Dahlan, dan Jumali. Termasuk pula sejumlah Ketua Majelis Pembimbing Ranting, seperti H Ismail (Kecamatan Bengkalis), M Fadli (Bukit Batu), Jamaluddin (Rangsang), Arjunaidi, (Merbau), Eri Kesuma Pribadi (Bantan), Anusrial (Tebing Tinggi Barat), Abdul Haris (Siak Kecil) dan Ruslie Yud (Rupat).

Pada kesempatan itu, Syamsurizal kembali mengingatkan, sebagai suatu sistem pendidikan non formal, Gerakan Pramuka bukan hanya sebagai pelengkap sistem pendidikan formal. Lebih dari itu, tambahnya, Gerakan Pramuka memiliki arti, konstribusi dan wahana penting dalam mempersiapan serta membentuk generasi muda yang memiliki watak atau karakter dan kepribadian nasional.

“Gerakan Pramuka juga merupakan tempat yang sangat baik untuk menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin serta membina semangat kebersamaan. Dengan pembelajaran yang diberikan di dalam berbagai kegiatan, Gerakan Pramuka akan menempa dan menjadikan seseorang menjadi pribadi yang mandiri, berani, displin, terampil dan bertangggungjawab,” terang Syamsurizal, dalam sambutannya.

Sehubungan dengan itu dan sejalan dengan telah dicanangkannya upaya Revitalisasi Gerakan Pramuka pada Hari Pramuka ke-45 beberapa waktu lalu serta mengingat gerakan kepanduaan ini sangat besar manfaatnya bagi generasi muda, Syamsurizal mengajak seluruh komponen masyarakat (stakeholders) di daerah ini untuk bersama-sama menggalakan terus Gerakan Pramuka di daerah ini.

Masih menurut Syamsurizal, agar Gerakan Pramuka memiliki daya tarik sebagai kegiatan ekstrakurikuler bagi anak-anak dan generasi muda, hal yang harus dilakukan diantaranya dengan melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas pembinaan, perluasan keterampilan serta pembenahan organisasi dan manajemen.

“Dengan potensi dan pesebaran organisasi yang merata, potensi dan kekuatan Gerakan Pramuka dalam membina generasi muda, sungguh amat strategis,” imbuh Syamsurizal.

Pada kesempatan itu juga, Syamsurizal secara khusus kepada para Kepala Dinas, Badan dan Kantor serta para camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting, agar sepenuhnya mendukung setiap upaya dalam mempercepat pencapaian tujuan Gerakan Pramuka. “Khususnya di daerah ini,” harapnya.

Dihubungi usai pembukaan, Riza Pahlefi menjelaskan, lomba tingkat Regu Penggalang ini merupakan kegiatan Pramuka Penggalang yang berfungsi sebagai wadah untuk mengukur dan menguji kemampuan mereka, baik itu secara individu maupun beregu.

“Tujuannya, untuk memantapkan fisik, mental, emsinal dan spiritual Pramuka Penggalang,” jelas Riza yang dalam keseharian menjabat Ketua DPRD Bengkalis ini, didampingi Ketua Pelaksana H Jamhur.

Ditambahkan Jamhur, kegiatan ini diikuti seluruh Kwaran se Kabupaten Bengkalis. Namun dari 13 Kwaran, ungkapnya, Kwaran Pinggir dan Rupat Utara tidak mengirimkan peserta. “Masing-masing Kwaran mengirimkan satu regu putra dan putri dengan jumlah masing-masing regu 10 orang, Termasuk Pembina setiap regu, kegiatan Lomba Tingkat III ini diikuti 242 orang peserta,” terang Jamhur.

Adapun lomba yang dikompetisikan dalam kegiatan ini, sambung Jamhur, selain baris berbaris, penggunaan kompas, dan administrasi beregu, masih ada sejumlah lomba lainnya. “Diantaranya, lomba sandi dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK),” kata Jamhur, seraya mengadakan dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pentas seni dan forum penggalang.

 

Posting Terkait