POTENSI HUJAN LUAS PADA MALAM HARI… Hotspot Riau Kandas ke Titik Nol

525 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Jumlah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali tertekan ke titik nol di wilayah Provinsi Riau, Senin (19/04/10) ini. Berdasar Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan, jumlah kebakaran hutan dan lahan tertekan akibat masih adanya hujan di Riau.


Hujan yang berintensitas ringan, sedang diperkirakan turun pada malam, dini hari hingga pagi hari. Kepala kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Aristya Aardhitama mengatakan, prospek cuaca Riau umumnya diwarnai cerah berawan.

Riau mempunyai peluang hujan disebabkan oleh kumpulan awan konvektif yang terjadi akibat adanya penguapan apanas lokal di Riau. Keadaan itu menekan perkembangan kebakaran hutan dan lahan tertekan hingga ke titik nol seperti hari ini.

Hujan berpeluang terjadi pada sore atau malam hingga dini hari dengan intensitas ringan sampai dengan sedang terjadi di Wilayah Riau bagian Tengah dan Selatan. Temparatur udara maksimum mencapai 32.5 hingga 34,5 º C, minimum mencapai 23 hingga 25º C. Angin umumnya bertiup dari arah Barat Laut sampai dengan Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 5 – 25 km/jam, dan bisa mencapai 45 km/jam pada saat cuaca buruk.(Surya)

Posting Terkait