Potensi Beli Surat Kabar Kota Pekanbaru Tertinggi

540 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Rata-rata orang dewasa Kota Pekanbaru mempunyai daya beli surat kabar harian senilai Rp.142.000 dalam sebulan. Nilai rata-rata daya beli koran itu dilansir oleh Serikat Surat Kabar (SPS) berdasarkan data survei LP3S. Data ini lebih tinggi dibanding kota besar lainnya di Indonesia. Hal ini juga dinilai sebagai indikasi kebutuhan informasi dan tingkat ekonomi rakyat Riau secara umum relatif meningkat.

Anggota SPS Pusat Asmono Wikan, sebagai nara sumber dalam acara Pelatihan Manajemen Pers 2010, Selasa (19/01/10) itu memaparkan, keadaan itu merupakan peluang bagi pertumbuhan surat kabar di Riau, Pekanbaru khususnya.

Menurut Asmono Wikan, kemampuan beli orang dewasa hasil survei LP3S tersebut dihitung rata-rata dengan cara beli koran baik secara langganan, maupun secara eceran dalam sebulannya. Sehingga, prospek pertumbuhan surat kabar Riau masih dinilai tinggi.

Kota Pekanbaru bahkan sempat masuk dalam daftar SPS sebagai kota yang terbanyak menerbitkan surat kabar sejak reformasi bergulir. Meski pertumbuhannya kuantitasnya menyusut dalam beberapa tahun terakhir, namun masih dinilai sebagai kota yang berpotensi untuk pengembangan surat kabar.(Surya)

Posting Terkait