Posisi Jembatan Siak I Semakin Turun

2329 views
news795PEKANBARU (RiauInfo) – Bagi anda yang setiap hari melintasi Jembatan Siak I Pekanbaru harus berhati-hati, karena kondisi jembatan tersebut semakin buruk saja. Bahkan kini jembatan yang telah berumur 30 tahun itu posisinya semakin turun dari waktu ke waktu.

Berapa besar terjadinya penurunan posisi jembatan itu belum ada penelitian ke arah sana. Namun sejumlah ahli menyatakan posisi jembatan tersebut setiap tahunnya mengalami penurunan.Kepala Sub Bagian Pengairan Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Riau Ir Januar MT di Pekanbaru membenarkan penurunan jembatan Siak I yang oleh masyarakat Pekanbaru dikenal sebagai Jembatan Leighton.

Menurut dia, secara umum ada dua hal yang menjadi penyebab penurunan tersebut. Pertama, faktor umur konstruksinya sehingga penurunan jembatan Siak I terjadi karena ada penurunan pondasinya.

Karena adanya penekanan bebas di atas baik oleh badan jembatan maupun kendaraan yang bersileweran di atasnya, maka kontstruksinya semakin menekan ke dalam tanah.

Kedua, adanya penyusutan nilai atau depresiasi. Semua nilai fisik benda mengalami penyusutan, termasuk juga Jembatan Siak I yang setiap tahunnya mengalami penyusutan.

“Sehingga pada akhirnya umur proyek akan sama dengan nol dan manfaatnya juga akan semakin menurun,” ungkapnya. Barang kali, menurut dia, fenomena inilah yang terjadi di Jembatan Siak I.(Ad)

 

Posting Terkait