Ponco Sutowo: Indonesia Tidak Punya Integritas Budaya

2163 views

Ibnu SutowoJAKARTA (RiauInfo) – Sudah 70 tahun Indonesia meraih kemerdekaan, ternyata hingga kini tidak punya integritas budaya. Akibatnya ketahanan budaya kita terus tergerus, menjadi sangat lemah, dan kita menjadi warga yang serba ketergantungan dengan kemampuan asing. Seolah olah kita kita menjadi warga yang tidak berdaya, tidak bisa membangun apa apa lagi jika tidak “ngutang” dulu ke luar negeri, bahkan seolah olah kita tidak bisa berbisnis apa apa lagi jika tidak mengimport dulu bahan bakunya dari luar negeri.

“Itu sangat memprihatinkan. Karenanya revolusi mental yang diangkat Presiden Jokowi sebagai terobosan membangun mentalitas bangsa Indonesia, pada dasarnya merupakan pembangunan budaya, dan harus bisa menghasilkan integritas budaya,” kata Ponco Sutowo dalam dialog seri pertama dengan jajaran pers di Jakarta, kemarin.

Dialog tersebut difasilitasi oleh Yayasan Suluh Nuswantara Bakti (YSNB) — dimana Ponco duduk sebagai pembinanya. Tahun lalu YNSB menggelar rangkaian diskusi panel bertema kemaritiman, dan kini kembali menggelar rangkaian diskusi panel bertema membangun budaya bangsa dan nilai keindonesiaan demi masa depan bangsa. Diskusi digelar setiap sabtu awal bulan, berakhir Desember tahun depan. Disetiap tiga bulan acara itu digelar pula dialog khusus dengan jajaran pemimpin redaksi mengupas tema yang sama. Dialog seri pertama, kemarin, disamping menghadirkan Ponco Sutowo selaku pembina, juga hadir Ketua YSNB Imam Sunaryo, serta 3 pembicara, yakni Bambang Wibawarta (wakil rektor UI), Imam Ansyori Saleh (praktisi hukum) dan mantan panglima Djoko Suyanto.

Menurut Ponco integritas budaya sangat penting dimiiki sebuah negara, terlebih negara sebesar Indonesia yang memiliki 1.100 suku bangsa. Karena tidak memiliki integritas budaya, konflik beragam kepentingan tak pernah berhenti terjadi di daerah daerah etnis.

Untuk meminimalkan terjadinya konflik yang berkelanjutan, Ponco mengingatkan, pemahaman tentang integritas budaya harus segera dimiliki setiap warga negeri ini.

YNSB kata Ponco,juga paham jika karakrter bangsa harus dibangun dengan sungguh sungguh dan utuh. Baik dimensi sikap mental, integritas kepribadian, dan moralitas manusia. Pembangunan ini harus lebih utuh dari revolusi mental yang diwacanakan Presiden Jokowi. Termasuk penjabaran revolusi mental oleh Presiden Jokowi kemudian, yang meliputi etos kerja, kegoyong royongan dan integritas.

“Semua pemikiran tentang integritas budaya perlu dielaborasi lagi, sehingga benar benar dapat jadi jawaban menghadapi kenyataan hidup dengan segala tantangan problematiknyan” lanjut Ponco.

Dia menambahkan, dalam kerangka sistem nilai, temuan itu nantinya akan menjadi nilai yang dapat menjadi dasar sikap mental. Inegritas kepribadian dan moralitas yang seharusnya dilaksanakan oleh bangsa Indonesia. (Ami Herman)

Posting Terkait