PON XVIII Perlu Terapkan Skema Publikasi Berskala Nasional

612 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 18 pada 2012 di Riau mendatang semakin dekat. Dengat waktu yang kurang lebih 2,5 tahun lagi, panitian PON ke 18 dinilai perlu menerapkan skema promosi dan publikasi secara nasional. Skema promosi dan publikasi yang telah dilakukan SIWO PWI ini telah diterapkan disejumlah ajang olahraga setingkat PON, SEA Games, Asian Games, Sepakbola Piala Eropa, Piala Dunia dan berbagai event internasional dan nasional.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua SIWO PWI Pustat, Raja Parlindungan Pane, Kamis (24/12/09) ini dalam diskusi panel kilas balik dan prospektif menuju PON ke 18 Riau 2012 mendatang.”Meliput kegiatan yang multi event seperti PON ini merupakan tantangan tersendiri bagi para wartawan. Sehingga SIWO PWI telah menerapkan skema yang memaksimalkan peran media untuk mencapai gema PON Riau ini ke seluruh provinsi. Sehingga, gema pelaksanaannya tidak hanya berdampak lokal saja,”ungkap Raja Parlindungan Pane.

Berdasarkan pengalaman, Raja P Pane menyatakan, SIWO PWI sedikitinya mencatat 11 poin penting untuk mengumandangkan PON ke 18 di Riau ke seluruh provinsi sejak dini. Diantaranya adanya kehadiran press center, tabloid atau majalah khusus PON, website, press tour, seminar dan diskusi, liputan khusus, media lokal, training, peran SIWO Riau dan SIWO Pusat, sekretariat humas di Jakarta hingga menciptakan lagu tentang PON ke 18 nantinya.

“Hal ini perlu diterapkan agar gema PON di Riau akan merata secara nasional di seluruh provinsi. Jika perlu, gema PON di Riau juga terdengar hingga negara tetangga yang relatif dekat dengan Riau,”ungkap Raja Pane.

Namun Raja Pane menegaskan penerapan skema publikasi ini tergantung dari kerjasama pantia PON dan media yang mesti berjalan sebelum waktu mendesak jelang palaksanaan PON ke 18 pada 2012 mendatang.(Surya)

Posting Terkait