Polda Riau Siap Amankan Pilgubri Putaran Kedua

768 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Kepolisian Daerah (Polda) Riau menyatakan siap untuk mengamankan berlangsungnya pemilihan gubernur (Pilgub) Riau yang menurut rencana akan digelar 30 Oktober mendatang. Pilgubri putaran kedua ini digelar karena dalam sidang pleno rekapitulasi suara, tidak ada satu pasangpun yang memperoleh 30 persen plus 1 suara.

Kapolda Riau, Condro Kirono kepada wartawan, Minggu (15/9) usai sidang pleno di Kantor KPU Riau, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru mengatakan untuk menghadapi Pilgubri Putaran kedua ini pihaknya akan menurunkan sebanyak 6383 personil.

Jumlah personil yang diturunkan pada Pilgubri putaran kedua ini sama dengan personil yang diturunkan pada Pilgubri putaran pertama pada 4 September yang lalu. “Untuk putaran pertama dan kedua, jumlah personilnya sama,” ujarnya.

Condro Kirono menyebutkan bahwa untuk pengamanan Pilgubri ini pihaknya memang sudah merancang sistem pengamanan sampai ke putaran kedua. “Jadi kita sudah mengantisipasi sejak awal kemungkinan terjadinya putaran kedua pada Pilgubri ini,” tambahnya lagi.

Kapolda juga minta kepada masyarakat Riau untuk ikut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga pesta demokrasi yang sedang berlangsung di Riau ini bisa berjalan aman dan lancar sebagaimana yang diharapkan bersama.

Dia sendiri menilai pada Pilgubri tahap pertama lalu telah berjalan dengan aman dan lancar. Hal ini disebabkan partisipasi masyarakat yang tinggi dalam menjaga kondisi yang aman selama berlangsungnya Pilgubri.(ri)

Posting Terkait