Poktan Bukit Kapur Dumai Terima Bantuan Bibit Jagung dari Chevron

754 views
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

PEKANBARU(RiauInfo) – PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) menyerahkan bantuan 60 ribu bibit jagung manis kepada Kelompok Tani Mapan Jaya di Bukit Kapur, Dumai. Bantuan bibit jagung ini diserahkan oleh Team Manager Policy, Government & Public Affairs (PGPA) Dumai, Tommy Sibuea kepada Mislan, Ketua Kelompok Tani Mapan Jaya.

Hadir pada acara ini Komandan Satuan radar 232 Dumai, Letkol Iwan Rudiwan, perwakilan kelompok tani Mapan Jaya dan perwakilan dari Yayasan Sahabat Cipta sebagai pendamping. Selain bantuan bibit, Chevron juga memberikan bantuan kepada 15 orang anggota kelompok tani Mapan Jaya di Bukit Kapur berupa pelatihan teknis budidaya jagung manis, pelatihan pola tanam dan bantuan pupuk.

Acara penyerahan ini dilaksanakan di lahan jagung manis kelompok tani milik TNI Angkatan Udara Satuan Radar 232 Dumai. Letkol Iwan Rudiwan, menyambut gembira bantuan Chevron untuk para petani yang mengaktifkan lahan di sekitar markas Komando Satuan Radar 232 Dumai.

“Saya sebagai komandan di sini sangat mendukung kegiatan penanaman ini. Saya berharap dengan bantuan PT Chevron dan asistensi dari Yayasan Sahabat Cipta bisa membuat bantuan ini berkelanjutan, dan membawa manfaat untuk masyarakat,” ungkap Letkol Iwan dalam acara penyerahan bantuan ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Mislan, Ketua Kelompok tani Mapan Jaya Bukit Kapur, Dumai. “Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap bisa menekan angka pengangguran yang ada di wilayah kami dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat terutama kelompok tani. Terimakasih kami sampaikan kepada pihak Chevron yang sudah memberikan bantuan berupa bibit jagung, pelatihan teknis dan penyuluhan-penyuluhan untuk mendukung aktivitas kami di lapangan,” ungkap Mislan.

Mewakili manajemen Chevron, Team Manager PGPA Dumai, Tommy Sibuea menyatakan agar apa yang dilakukan saat ini bisa dijaga dan bermanfaat untuk seterusnya bagi masyarakat.

“Apa yang akan kita lakukan untuk peningkatan kegiatan ini akan kita upayakan nantinya, namun saat ini kuncinya adalah bagaimana kita mengawalinya. Saya berterimakasih kepada Dan Satradar 232 Dumai, Letkol Iwan Rudiwan atas koordinasinya selama ini, dan memberikan kesempatan kepada kami untuk bisa memberikan bantuan kepada kelompok tani di sini,” ungkap Tommy Sibuea mewakili manajemen PT CPI.

Bantuan bibit manis jagung ini merupakan salah satu program Investasi Sosial yang dilakukan Chevron di IndoAsia Business Unit (IBU) dengan fokus pada pengembangan dan mempromosikan kegiatan pertanian terintegrasi, usaha kecil dan menengah serta akses terhadap lembaga keuangan mikro atau yang dikenal dengan program PRISMA.

Program ini dilaksanakan di seluruh wilayah kerja Chevron IBU di Indonesia, yaitu Sumatera Operations (SMO), Kalimantan Operations (KLO), serta Geothermal Power & Operations (GPO). Pelaksanaan program ini dilakukan oleh mitra pelaksana yaitu Yayasan Sahabat Cipta.

Program PRISMA di Dumai terdiri dari 5 sektor pengembangan, yaitu: sektor usaha tenun Dumai, sektor usaha pengolahan sabut kelapa, sektor usaha dodol nenas, sektor usaha perikanan dan sektor usaha pertanian.(ad)

Posting Terkait