PMA Riau Berada di Urutan Ketiga di Indonesia

PEKANBARU (RiauInfo) – Riau berada pada peringat ketiga di Indonesia untuk realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) pada tahun 2008 lalu. Selama tahun ini sebanyak enam proyek PMA direalisasikan di Riau dengan anggaran mencapai 460,9 juta dolar AS.

Sedangkan untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) menempati urutan kelima dengan jumlah realsasinya sebanyak empat proyek dengan nilai Rp 1,15 triliun. Ini membuktikan bahwa Riau termasuk daerah yang cukup diminati baik oleh PMA maupun PMDN.

“Untuk tahun 2008 lalu ada sembilan izin PMDN yang diberikan dengan total investasi Rp3,34 triliun, tai yang teralisasi hanya empat proyek,” ujar Kepala Badan Penanaman Modal dan Investasi Riau Feisal Qomar Karim kepada wartawan di Pekanbaru.

Dia menyebutkan, investasi bagi Riau menjadi salah satu core program karena dinilai mempunyai peran sangat besar terhadap upaya pengentasan kemiskinan di daerah ini. Masuknya investasi ke daerah ini dengan sendirinya akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Karena itu, menurut dia, Pemprov Riau terus berupaya menarik investor agar menanamkan modalnya di daerah ini. Hal ini ditambah pula dengan potensi sumber daya alam Riau yang sangat mendukung para investor tertarik masuk ke Riau.(ad)

 

 

Rizki: