PLN Didesak Segera Bangun PLTU Tenayan Raya

636 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Seiring dengan semakin tingginya pertumbuhan perekonomian Riau, kebutuhan listrik Riau semakin meningkat pula. Untuk itu Gubernur Riau HM Rusli Zainal mendesak PT PLN untuk segera merealisasikan pembangunan PLTU 2×100 Tenayan Raya.


“PLN harus segera membangun PLTU 2×100 MW itu, karena kebutuhan listrik di Riau setiap harinya terus meningkat,” ungkap Gubernur Riau HM Rusli Zainal di Pekanbaru. Rusli mengatakan lajunya pertumbuhan ekonomi masyarakat saat ini membuat kebutuhan listrik makin tinggi lagi.

Belum lama ini, menurut Rusli lagi, telah ditandatangani MoU sindikasi pendanaan oleh tiga bank untuk pembiayaan pembangunan PLTU 2×100 Tenayan Raya itu. Kedua bank tersebut adalah Bank Riau, Bank Mandiri dan BNI. Ini tentunya akan mempercepat proses pembangunan PLTU tersebut.

Dia menyebutkan, PLTU 2×100 Tenayan Raya ini tumpuan utama untuk mengatasi krisis listrik berkepanjangan yang melanda Riau, khususnya dalam lima tahun belakangan. “Makanya sudah sepantasnya kalau pembangunan PLTU tersebut segera dipercepat,” tambahnya.

Selain mendesak pembangunan PLTU 2×100 MW Tenayan Raya, Gubri juga mendesak PLN Wilayah Riau dan Kepri melakukan langkah responsip percepatan pengentasan krisis listrik dalam jangka pendek. Misalnya melakukan penyewaan genset, khususnya untuk beberapa daerah yang masih minim listrik.(ad)

Posting Terkait