Pisang Kipas, Jadi Oleh-Oleh Khas Kota Pekanbaru

3358 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Belum banyak warga Pekanbaru tahu bahwa di kota ini ada panganan yang bisa menjadi oleh-oleh atau buah tangan berciri khas Pekanbaru. Oleh-oleh itu adalah pisang goreng kipas yang dijual di Jalan Kampar, Pekanbaru.

Pisang kipas ini sudah lama dijadikan oleh sebagian warga kota Pekanbaru sebagai oleh-oleh untuk keluarganya yang berada di luar kota. Dengan pengolahannya sedemikian rupa, pisang ini bisa tahan sampai lebih sepekan.

Jumadi (43) salah seorang pembeli mengatakan setiap dia mengunjungi anaknya di Jakarta, selalu membawa oleh-oleh berupa pisang kipas. “Anak saya suka sekali dengan pisang ini, makanya saya selalu membawanya sebagai oleh-oleh,” ungkap dia.

Menurut Jumadi, pisang kipas yang dibawanya sebagai oleh2 sengaja setengah masak, karena nanti sebelum dimakan dimasak lagi agar lebih segar dan rasanya gurih. “Pisang kipas ini kalau disimpan di kulkas bisa tahan sampai 10 hari,” ungkap dia.

Hal yang sama juga diungkapkan Santi (39) warga keturunan China yang juga mengaku membawa pisang kipas ini sebagai oleh-oleh kalau mengunjungi keluarganyab di Medan. “Biasanya saya membeli sampai 100 biji, karena di Medan banyak keluarga yang harus dikasi,” tambahnya.(ad)

Posting Terkait