PIDATO KETUA UMUM PWI PADA ACARA KONKERNAS 2009 PWI Pusat Prihatin Krisis Listrik di Riau

656 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) H Margiono menyatakan keprihatinan terhadap krisis listrik yang tejadi di seumlah wilayah di Indonesia seperti Riau, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Jamb, dan lain-lain, sesaat sebelum menutup Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) PWI di Hotel The Jakarta Daira Palembang, Kamis (14/8/2009) lalu.

Pernyataan Margiono yang juga CEO Rakyat Merdeka dan Direktur Jawa Pos itu, seakan merespons aspirasi PWI Cabang Riau yang disampaikan Sekretaris Mario Abdilah Khair ketika melakukan interupsi kepada Pimpinan Sidang Konkernas PWI 2009 yang dipimpin Ketua PWI Cabang DKI Jakarta H Kamsul Hasan, meski sidang dinyatakan sudah ditutup.

”Interupsi saya tidak untuk menganulir keputusan siding Komisi A, B dan C, tetapi hanya menyampaikan aspirasi hasil Rapat Pleno Cabang Plus yang juga merupakan aspirasi publik,” tandas Mario.

Setelah bermusyawarah dengan pimpinan sidang lainnya yakni Abdul Gani Ottoh (Sulawesi Selatan) dan Firdaus (Sumatera Selatan), Kamsul mempersilahkan Mario untuk tampil ke podium.

Di hadapan Ketua PWI, sekretaris, Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD), sesepuh dan tokoh pers se-Indonesia, Mario menyatakan bahwa PWI hendaknya tidak hanya membas persoalan PWI dan pers tetapi juga harus memiliki kepekaan terhadap isu-isu publik.

Beberapa persoalan yang dikemukakan antara lain soal pemadaman listrik di Riau yang mencapai 12-15 jam sehari, kabut asap yang membuat banyak sekolah dasar di Riau harus diliburkan karena mengantisipasi penyakit ISPA, serta menyatakan dukungan pelaksanaan PON XVIII tahun 2012 di Riau.

Terhadap aspirasi itu, Margiono menyatakan dukungannya karena memang menurut dia, PWI patut memperjuangkan persoalan-persoalan yang menyangkut hajat hidup orang banyak. ”Sebagai organisasi kewartawanan tertua, PWI memiliki historis dan komitmen untuk selalu memperjuangkan kebenaran demi kemaslahatan umat,” ujarnya sambil mengatakan persoalan ini akan disampaikan kepada pihak terkait.

Sejumlah tokoh pers dari berbagai daerah menyatakan dukungan terhadap aspirasi yang disampaikan Riau. Ketua PWI Cabang Sumatera Utara HA Muchyan AA mengatakan PWI harus tanggap dengan isu-isu aktual di tengah masyarakat.

Pendapat senada dikemukakan Ketua PWI Cabang Kalimantan Timur Maturidi, Ketua PWI Cabang Kalimantan Selatan H Faturahman, Ketua Dewan Kehormatan Daerah Jawa Barat H Naungan Harahap SH MH dan Ketua PWI Cabang Papua Barat Ferdinan.

Konkernas yang berlangsung 12-15 Agustus 2009 diikuti ketua cabang, sekretaris cabang, Ketua SIWO cabang, Ketua DKD cabang, sesepuh dan tokoh pers se-Indonesia.(ad)

Posting Terkait