PHI Bengkalis Gelar Pelayanan Kes-KB Gratis di Sekodi

682 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ratusan warga Desa Sekodi Kecamatan Bengkalis, khususnya kaum ibu, Selasa (23/12) kemarin, sangat antusias dan berbondong-bondong mendatangi Puskesmas Pembantu Dusun II Nyatuh di desa tersebut. 

Mereka datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan Keluarga Berancana (KB) secara gratis. Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09.00 Wib hingga 14.00 Wib tersebut, dilaksanakan Panitia Hari Ibu (PHI) ke-80 tingkat Kabupaten Bengkalis

“Pelayanan kesehatan dan KB secara cuma-cuma ini, merupakan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan panitia sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-80 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2008,” kata Ny Hj Darmiwati Sulaiman saat dijumpai di lokasi kegiatan.

Dikatakan ketua pelaksana PHI ke-80 tingkat Kabupaten Bengkalis ini, dalam bakti sosial pelayanan kesehatan dan KB gratis tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan KB Bengkalis dan Bengkalis Grand Hospital (BGH). Dalam kegiatan tersebut, katanya, masyarakat tidak hanya dilayani dokter umum atau orang bidan dan perawat saja. Tetapi juga dokter spesialis dan dokter gigi.

Menurut Darmiwati, salah satu dokter spesialis yang ikut dalam kegiatan itu adalah dokter spesialis anak yang juga direktur Bengkalis Grand Hospital , Abdul Muthalib Rambe.

“Pelayanan kesehatan dan KB ini, merupakan salah upaya panitia untuk membantu masyarakat, terutama kepada warga yang kurang mampu di Sekodi ini,” kata istri Sekretaris Daerah Bengkalis ini.

Ditambahkan Darmiwati, dalam bakti sosial tersebut, pelayanan yang diberikan tidak hanya bagi orang dewasa dan pasangan usia subur (PUS) yang ingin menjadi akseptor KB, tetapi juga pelayanan kesehatan gigi, pelayanan gizi dan penimbangan Balita (bayi di bawah lima tahun) serta pemeriksaan ibu hamil.

Pada kesempatan itu, kepada masyarakat yang datang, Darmiwati berpesan agar terus berupaya mencegah timbulnya penyakit dengan menerapkan pola hidup sehat. Diantaranya, dengan selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. “Karena, rumah dan lingkungan yang tidak sehat, merupakan sumber berbagai penyakit,” pesannya.

Kemudian, kepada ibu-ibu hamil dan yang memiliki balita, ketua Dharmawanita Persatuan (DWP) unit Sekretariat Daerah Bengkalis ini mengingatkan, agar memeriksakan kehamilannya secara rutin serta tidak lupa membawa balitanya ke Posyandu.

”Sesibuk apapun, periksakan kehamilan. Jangan lupa bawa Balita ke Posyandu setiap bulannya agar perkembangan pertumbuhan dan kesehatan Balita kita dapat diketahui dengan baik. Dan, satu lagi, jangan lupa ikut program KB,” ujar Darmiwati kepada ibu-ibu. Pesan itu disampaikannya ketika meninjau kegiatan penimbangan di Posyandu Melati Dusun II Nyatuh.

Sementara itu, sejumlah masyarakat yang berhasil diminta komentarnya, menyambut baik dilaksanakannya bakti sosial tersebut. Seperti yang disampaikan Nurhadi (60) dan Sina (60), misalnya. “Kegiatan ini, benar-benar sangat membantu kami,” kata keduanya, senada.

Ketika ditanya apa penyakit yang mereka derita, Nurhadi dan Sina mengatakan, ngilu-ngilu sendi. “Kalau malam terasa nyeri,” ujar Sina saat ditemui ketika menunggu panggilan petugas.

Ucapan senada juga disampaikan camat Bengkalis, Ja’afar Arief. Atas nama seluruh masyarakat Sekodi, mantan camat Rangsang Barat ini juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian PHI ke-80 untuk melaksanaan kegiatan ini.

”Pelayanan ini sangat bermanfaat dan membantu masyarakat. Lebih-lebih dimana perekonomian saat ini tengah sulit. Mudah-mudahan, kegiatan seperti ini juga dapat dilaksanakan di desa lain,” kata Ja’afar.

Adapun panitia PHI yang ikut mendampingi Darmiwati dalam kegiatan di Sekodi itu, diantaranya Ny Hj Nurhayati Landung (Pengurus TP PKK), Ny Eldi Ramli (Ketua DWP unit Bappeda), Ny Hj Syarifah Zamaniah (Kabag Pemberdayaan Perempuan), dan Ny Umran (Ketua DWP unit Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah).

Kemudian, Ny SL Harahap (isteri Danramil Bengkalis), Ny Khairussani (Ketua DWP unit Dinas Kimpraswil), Ny Rita Puspita (Dinas Kesehatan dan KB), Ny Nazamuddin (Ketua DWP unit Dinas Pengolahan Pasar, Kebersihan dan Pertamanan) dan Ny Burhanuddin (isteri Asisten I).(ad/rls)

Posting Terkait