Petang Megang, Ribuan Orang Padati Jembatan Siak I Pekanbaru

497 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Seperti tahun-tahun sebelumnya, tradisi petang megang menyambut Ramadhan yang digelar Pemko Pekanbaru Selasa (10/8) sore di bawah Jembatan Siak I Pekanbaru dibanjiri warga. Puluhan warga kota Pekanbaru ikut meramaikan tradisi yang dihadiri walikota Pekanbaru Herman Abdullah itu.


Berdasarkan pemantauan RiauInfo, kemaren sore sejak pukul 14.30 Wib terlihat warga sudah mulai memadati tempat acara ritual itu berlangsung. Baik di seberang arah kota Pekanbaru maupun arah Rumbai terlihat warga mulai menyemut untuk bersiap-siap mengikuti acara tersebut.

Acaranya sendiri dimulai dengan berziarah ke makam para pendiri Kota Pekanbaru yang berada di Kompleks Masjid Raya dekat Pasar Wisata atau Pasar Bawah. Setelah itu rombongan dengan berjalan kaki menuju tempat acara Petang Megang di bawah Jembatan Siak I.

Berbagai kegiatan telah menanti di tempat ini antara lain pemukulan tabut oleh wlikota, kemudian dilanjutkan dengan pelepasan 500 ekor itik ke tengah sungai oleh panitia. Begtu itik dilepas, warga berama-ramai turun ke sungai utuk menangkapnya.

Setiap itik yang tertangkap akan menjadi milik warga yang mendapatkannya. Karena itu warga berusaha keras untuk mendapatkan itik sebanyak-banyaknya. Perburuan warga menangkap itik ini menjadi tontonan yang menarik bagi warga yang berkunjung ke tempat ini.

Setelah seluruh itik tertangkap acara Mandi Balimau dimulai. Air yang bercampur dengan rempah-rempah ini disiapkan panitia.Walikota Pekanbaru secara simbolis kemudian memercikkan air tersebut ke kepala anak-anak yatim yang didik di panggung kehormatan.

Kemudian di sekitar panggung telah disiapkan berbagai mobil pemadam kebakaran yang diisi air ramuan tersebut. Usai Heram memercikkan air, kini giliran petugas pemadam menyemprotkan air yang juga telah dicampur rempah-tempah ke kekerumunan warga yang disambut dengan gembira.(ad)

Posting Terkait