PESISIR RIAU AMAN… Sejumlah Perairan Mereda di Sumatera

546 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah perairan pesisir Pulau Suamtera berangsur normal usai mengalami gelombang pasang dalam tiga hari terakhir. Keadaan itu menyusul berkurangnya pengaruh tekanan rendah yang menjadi faktor utama gelombang tersebut.

Meski berkurang, namun keadaan pesisir pantai barat Pulau Sumatera dari Aceh hingga perairan Provinsi Lampung masih perlu diwaspadai pelayaran, terutama bagi kapal-kapal kecil untuk melaut, Kamis (21/05/2009) ini.

Pasalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan ketinggian gelombang mencapai 1 meter hingga 2 meter di sepanjang pesisir Barat Pulau Sumatera tersebut.

Sementara, gelombang pasang di perairan Riau, Selat Melaka dinyatakan aman dan normal dengan ketinggian gelombang hanya kurang dari 0,75 meter. Begitu juga dengan periaran Pulau Batam, Selat Singapura dan Tanjung Pinang hanya mengalami gelombang yang kurang dari 1,25 meter.

Sementara, ketinggian gelombang pasang kurang dari 1,5 meter terjadi di perairan Pulau Tujuh Natuna, Matak, Tarempa, Dabo Singkep dan sekitarnya. Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Warih mengatakan, gelombang maksimum mencapai 2 meter masih perlu diwaspadai di pesisir Barat Sumatera. Terutama bagi kapal kecil yang sering digunakan nelayan untuk melaut.(Surya)

Posting Terkait