Pesatnya Pembangunan Kota, Jadi Penyebab Utama Banjir di Pekanbaru

551 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pesatnya pembangunan kota Pekanbaru akhir-akhir ini menjadi penyebab utama banjir selalu mendatangi warga kota ini. Sebab pembangunan yang terjadi selalu tidak memikirkan sistem drainasenya, sehingga setiap datang musim penghujan, maka wajah kota Pekanbaru akan diwarnai banjir.

PLH Kadis Kimpraswil Riau, Firdaus MT dalam keterangannya Senin (4/2) di Pekanbaru mengaku kondisi ini akan membuat kesulitan dalam menangani banjir. Soalnya bangunan sudah keburu muncul dimana-mana, sehingga akan sulit lagi untuk melakukan penataan terhadap sistem drainase di dalam wilayah kota Pekanbaru.

Selama ini menrut dia, pembangunan drainase di Pekanbaru hanya bersifat parsial. Artinya, dimana sering muncul genangan air banjir disitu drainasenya dibangun atau diperbaiki. Akibatnya, kawasan yang sudah ada drainase akan terbebas dari banjir, tapi di tempat lain malah jadi kebanjiran.

Memang diakuinya, untuk membangun sistem drainase secara menyeluruh di kota Pekanbaru akan sulit dilakukan, karena dimana-mana sudah berdiri bangunan toko, hotel, mal dan sebagainya. “Pemprov Riau sendiri sudah berusaha mengantisipasi banjir ini dengan membuat tanggung banjir di dekat Jembatan Siak,” tambahnya.(Ad)

 

Posting Terkait