Perusahaan Perkebunan di Riau Diminta Tak Bakar Lahan

PEKANBARU (RiauInfo) – Menjelang memasuki musim kemarau di Riau, Dinas Perkebunan Riau mewanti-wanti perusahaan perkebunan di daerah ini untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Bahkan sedapat mungkin perusahaan perkebunan mencegah terjadinya kebakaran lahan.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Drs Zulher dalam keterangannya Senin (23/12) di Pekanbaru mengatakan himbauan ini disampaikan karena sebentar lagi akan memasuki musim kemarau. Biasanya setiap musim kemarau di Riau sangat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Karena itu, menurut Zulher, perusahaan perkebunan di Riau untuk selalu mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan itu. Upaya pencegahan ini dapat dilakukan dengan mempersiapkan fasilitas yang memadai seperti menyiapkan menara api, regu pemadaman kebakaran, pompa dan kendaraan khusus pembawa air.

Bahkan perusahaan juga diminta mau melatih masyarakat sekitarnya dalam menghadapi bahaya kebakaran melalui wadah Masyarakat Peduli Api. Hal ini sangat perlu dilakukan agar kebakaran hutan dan lahan dapat dicegah sedini mungkin.

Zulher sendiri menyebutkan sudah menyurati perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di Riau untuk melakukan antisipasi mencegah terjadinya kebakaran. “Mencegah terjadinya kebakaran lebih mudah ketimbang memadamkan lahan yang sudah terbakar,” ungkapnya.

Dinas Perkebunan juga selalu melakukan koordinasi dengan Badan Meteolrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru guna mengetahui kondisi cuaca di masa mendatang. Hal ini dalam upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan.(ad)

Rizki: