Pertunjukan Jazz Asean di Batam Dilanjutkan Tahun Depan

JAKARTA (RiauInfo) – Akhirnya terbantahkan juga penilaian banyak pecinta jazz selama ini yang mengatakan Jazz Asean di Batam sudah tamat. Buktinya, pemerintah dan musisi yang selama ini menghidupkan pertunjukan itu, meyakinkan bahwa Jazz Asean di Batam belum mati. Pasalnya, manfaat acara tersebut tidak saja menghibur tapi juga mendatangkan Wisatawan Mancanegara.

“Jazz Asean di Batam istirahat dulu tahun ini, dan akan kita lanjutkan lagi April tahun depan. Acara hiburan musik itu disukai banyak orang, terutama kalangan pecinta jazz. Karenanya, mana mungkin dimatikan…” tutur Raseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar saat menjawab pertanyaan “Riau Info” dalam acara jumpa pers Bali World Music Festival 2015 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (2 November).

Menurut Raseno, pertunjukan Jazz Asean di Batam sudah dilangsungkan secara rutin setiap tahun, sejak 7 tahun lalu. Acara itu disponsori Kementerian Pariwisata, digelar khusus untuk memancing wisman asal Singapura, Malaysia dan Thailand masuk ke Indonesia melalui Batam.

Ternyata, setiap digelar, wisman banyak datang dan membelanjakan dollarnya selama beberapa hari di Batam. Panggung pertunjukan juga ditambah dari hanya 1 panggung di tahun tahun awal pertunjukannya menjadi 3 panggung. Lokasi pertunjukan dipusatkan di Harbour Bay, Batam

Tahun ini pertunjukan itu absen, antara lain karena organisasi pemerintahan yang mensponsorinya, baru saja diperbarui, sehingga harus ditunda dan dilanjutkan lagi tahun depan.

“Kami sudah memutuskan pelaksanaan tahun depan di bulan April. Dan musisi yang dipercaya mengelola acara tersebut adalah Dwiki Dharmawan, musisi yang kebetulan telah menjadi koordinator pelaksana Jazz Asean di Batam sejak awal.” Lanjut Raseno.

Dwiki sendiri mengaku senang Jazz Asean dilanjutkan lagi tahun depan. Soalnya, kata Dwiki, absennya penyelenggaraan tahun ini telah membuat banyak pecinta Jazz Batam menanyainya kapan acara tersebut digelar lagi.

Setiap digelar, Dwiki selalu melibatkan banyak musisi jazz mancanegara, disamping musisi jazz dalam negeri. (Ami Herman)

Adrizas: