Pertumbuhan Ekonomi Riau di Triwulan I 2012 Capai 7,5 Persen

652 views

PEKANBARU (RiauInfo): Peneliti Ekonomi Madya Kantor Bank Indonesia (KBI) Pekanbaru, Muhammad Abdul Madjid Ikhram menyatakan bahwa dengan tanpa memasukkan unsur migas, pertumbuhan ekonomi Riau pada triwulan I 2012 di prediksi akan mencapai 7,5 persen. Jumlah tersebut sedikit melambat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Kondisi ini diindikasikan dipengaruhi oleh terbatasnya produksi tanaman perkebunan dan perkirakan kenaikan curah hujan yang berpotensi menghambat distribusi pasokan bahan baku khususnya pada sektor industri pengolahan sawit.

“Dari sisi penggunaan, kondisi ini bersumber dari melambatnya daya beli masyarakat sejalan dengan adanya tekanan inflasi khususnya dalam dua bulan pertama di triwulan I 2012. Berdasarkan hasil survei diketahui bahwa terdapat peningkatan ekspektasi inflasi di tingkat konsumen dalam 3 bulan mendatang sejalan dengan faktor tingginya curah hujan yang mengganggu pasokan bahan makanan,” terangnya.

Disinggung mengenai unsur Migas, Muhammad Abdul Madjid Ikhram menyebutkan bahwa jika dengan unsur migas, pertumbuhan perekonomian Riau pada triwulan 1 2012 diperkirakan mengalami pertumbuhan di kisaran 4,5 persen.(zas/rtc)

Posting Terkait