Pertamina Jamin Pasokan BBM di Pekanbaru Aman

652 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Terbakarnya kapal tanker MT Maulana yang biasanya membawa bahan bakar minyak (BBM) dari Dumai ke Pekanbaru, tidak berpengaruh terhadap pasokan BBM di Pekanbaru dan Riau daratan. Bahkan pihak Pertamina menjamin pasokan BBM di Pekanbaru akan aman dan selalu tersedia. 

Kepala Administrasi Pertamina (Persero) Cabang Pemasaran Pekanbaru, Alwi Berg kepada wartawan Selasa (1/5) di Pekanbaru mengatakan, pasokan BBM untuk Pekanbaru tidak akan terpengaruh oleh kecelakaan yang dialami kapal tanker MT Maulana itu. “Kami sudah mengantisipasinya sejak dari awalm” tambahnya.

Dikatakannya, sejak kapal tanker tersebut terbakar pekan lalu, Pertamina langsung mengalihkan suplai BBM melalui jalur darat dengan menggunakan mobil Tangki untuk memenuhi kebutuhan BBM di Riau daratan, dan Pekanbaru umumnya. “Ini memang pekerjaan berat, namun harus dilakukan agar stok BBM di daerah ini selalu terjamin,” ujarnya.

Menurutnya, sampai saat ini pasokan BBM untuk memenuhi kebutuhan BBM Pekanbaru dan Riau daratan yang didatangkan dari Dumai tidak ada kendala meski jumlah armada mobil tangki dibutuhkan dalam jumlah banyak. “Kami telah mengerahkan banyak mobil tangki untuk mengangkut BBM tersebut ke Pekanbaru,” jelasnya.

Disebutkannya lagi, dengan menggunakan mobil tangki, memang cukup banyak yang dibutuhkan mobil tangkin untuk mensuply dari Dumai, sebab kapal yang terbakar tersebut daya angkutnya mencapai 1500 KL, sementara satu unit mobil tangki kapasitasnya hanya 15 KL, ” jelasnya.

Namun berkat kerja keras yang dilakukan Pertamina, pengerahan mobil tangki untuk mengangkut BBM itu telah berhasil menutupi kebutuhan BBM di Pekanbaru dan Riau daratan ini. “Saat ini dengan mobil tangki itu, jumlah BBM yang diangkut dari Dumai setiap harinya mencapai 600 KL,” terang Alwi.

Dikatakannya, Supply BBM dari Dumai dengan menggunakan jalan darat ini akan terus berlanjut sampai pihak perusahaan yang mengangkut BBM Pertamina mengganti dengan kapal Tanker yang baru. “Kita sudah mendesak pihak perusahaan pengangkut BBM untuk segera mengganti kapal tanker yang baru,” ungkapnya lagi.

Pihak perusahaan tersebut sudah menyanggupi untuk segera menggantikan kapal tanker yang terbakar itu dengan yang lainnya. Jadi diharapkan dalam waktu dekat pengangkutan BBM dari Dumai ke Pekanbaru tidak perlu lagi menggunakan ratusan mobil tangki seperti yang sekarang dilakukan.(Ad)

 

Posting Terkait