Persiapan ISG III 2013, Indonesia Pastikan Cabor

592 views

JAKARTA (RiauInfo) – Indonesia, khususnya lagi Provinsi Riau memang telah resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games (ISG) III Tahun 2013. Namun, sebelum iven internasional tersebut digelar para 6 Juni 2013, Indonesia ingin memastikan dulu cabang-cabang (cabor) olahraga apa saja yang akan dipertandingkan.


Demikian antara lain hasil rapat antara Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal dengan Menpora Andi Alfian Mallarangeng, Ketua Umum KONI Tono Suratman, Ketua Umum KOI Rita Subowo dan sejumlah pejabat di Kemenpora, pada Kamis (3/5), Jakarta.
“Sebagai tuan rumah, kita tentu punya hak untuk menentukan apa saja cabor-cabor yang nanti dipertandingkan. Oleh karena itu, kita akan kaji betul, kira-kira apa saja nanti cabor-cabor yang memang layak kita pertandingkan,” ucap Menpora yang diamini Gubri kepada pers usai acara.

Rencananya, setelah Indonesia menentukan cabor-cabor apa saja yang akan dipertandingkan, pihak Indonesia akan menawarkan hal tersebut kepada manajemen ISG. “Kita tentu ingin mengharumkan nama bangsa kita lewat iven ini,” tegas Menpora lagi seraya menegaskan cukup 15 cabor saja yang dipertandingkan di ajang ISG III.

Selain memastikan soal cabor, Menpora juga memastikan kepada negara-negara OKI yang akan ikut ajang ISG III agar menghindari diskriminasi soal agama, suku dan lainnya. “Kita harus menunjukkan kepada dunia bahwa Islam di Indonesia sangat moderat. Begitu juga tidak boleh ada diskriminasi soal agama. Apapun agamanya, atlit terkait boleh saja ikut di ISG,” tegasnya.

Sementara itu, Gubri Rusli memastikan soal venues yang akan digunakan pada ajang ISG nanti. Pada prinsipnya, ucap dia, Riau siap menjadi tuan rumah, karena venues sudah ada mengingat Riau juga menjadi tuan rumah PON XVIII Tahun 2012. (rls)

Posting Terkait