Perpustakaan Soeman HS Harus Miliki Koleksi Lebih Sejuta Buku

530 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Perpustakaan Soeman HS yang dibangun enam lantai diyakini akan menjadi perpustakaan termegah di Sumatera. Namun akan sangat disayangkan jika perpustakaan tersebut nantinya hanya memiliki sedikit koleksi buku, karena tidak akan sebanding dengan kemegahan yang telah dimilikinya. 

Untuk itu Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Riau, Drs R Erisman dalam keterangannya kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan pihaknya telah mentargetkan nantinya koleksi buku di Perpustakaan Soeman HS minimal 1 juta buku.

“Ya, setidaknya perlu sebanyak 1 juta buku untuk mengisi perpustakaan enam lantai ini. Ini akan sebanding dengan bentuk fisik dari pustakaan enam lantai ini,” ujar dia lagi. Setidaknya, menurut dia, terdapat sebanyak 350 judul yang akan diadakan untuk 1 juta buku tersebut.

Dikatakannya untuk mengadakan sebanyak 1 juta buku itu tentunya bukanlah perkara mudah. Akan dibutuhkan dana dan waktu yang lebih besar untuk mengumpukan sebanyak 1 juta buku tersebut.

Makanya, program pengadaan pun menurutnya dilakukan secara bertahap. Pihaknya tiap tahun akan mengadakan penambahan buku sehingga target yang diharapkan akan dapat terealisasi dalam waktu yang ditentukan. “Kita targetkan pada tahun 2010 nanti baru semuanya bisa dituntaskan,” ujar Erisman.

Adapun dana yang diperlukan untuk pengadaan buku sebanyak 1 juta eksemplar itu menurutnya mencapai Rp10 miliar hingga Rp15 miliar. Dana itu menurutnya diharapkan dapat dialokasikan dari APBN selain juga dari APBD Provinsi Riau yang dialokasikan tiap tahun menjelang tahun 2010.

Pada saat pembukaan dan pemakaian perdana pustaka ini, sekitar akhir tahun 2008, ditargetkan terdapat 500 ribu buku yang akan mengisi rak-rak pada perpustakaan ini. Jumlah itu dianggap cukup memadai untuk mengisi perpustakaan yang diprediksi akan terlengkap dan termegah di seluruh Indonesia ini.(Ad)

 

Posting Terkait