Perpustakaan Riau Anggarkan Dana Rp 10,5 M Untuk Menambah Koleksi Buku

632 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sehubungan akan dipergunakannya gedung Perpustakaan 6 Lantai di Jalan Sudirman Pekanbaru, pihak Badan Perpustakaan dan Arsip (BPA) Riau tahun 2008 ini menganggarkan dana sebesar Rp 10,5 miliar untuk menambah koleksi buku-bukunya.

Dana sebanyak itu antara lain berasal dari APBD Riau sebesar Rp 7 miliar, dan sisanya sebanyak Rp 3,5 miliar berasal dari APBN. “Jadi seluruh dana yang akan digunakan untuk menambak koleksi buku itu sebanyak Rp 10,5 milyar,” ujar Kepala Perpustaan dan Arsip (BPA) Riau, Sudirman Hamid, Jumat (4/1) di Pekanbaru.

Dia menjelaskan, saat ini koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan Riau hanya sebanyak 148 ribu buku. Jumlah itu berdasarkan jumlah eksemplarnya, bukan berdasarkan judul buku. “Jumlah ini dirasakan masih sedikit, sehingga perlu diperbanyak lagi,” tambah dia.

Dikatakanya, dengan dipergunakannya gedung Perpustakaan Riau berlantai 6 itu nantinya, tentunya jumlah koleksi buku harus diperbanyak lagi. Minimal perpustakaan tersebut memiliki koleksi buku 1 juta eksemplar. “Untuk itu kami secara bertahap akan terus menambah koleksi buku,” jelasnya.

Disebutkannya dengan dana sebesar Rp 10,5 miliar itu, diharapkan akan bisa menambah 250 ribu eksemplar buku lagi di Perpustakaan Riau. Jumlah itu setiap tahunnya akan berusaha untuk terus ditambah, sehingga akhirnya nanti koleksi buku di perpustakaan tersebut menjadi 1 juta eksemplar.(Ad)


Posting Terkait