Perpanjangan KTP Dilayani Mobil Keliling

575 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk meningkatkan pelayanan Kartu TAnda Penduduk, Walikota (Wako) Pekanbaru, Drs.H. Herman Abdullah,MM, menyatakan akan mengadakan operasional mobil keliling untuk pengurusan KTP. Usulan Herman tersebut sebatas untuk pelayanan perpanjangan KTP.

“Sebagai upaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat, kenapa tidak kita melakukan inovasi dan inisiatif baru. Misalnya, adanya mobil keliling untuk pengurusan perpanjangan KTP,” ujar Wako.

Selama ini, kata Herman, masyarakat selalu mengeluhkan pengurusan KTP yang lamban. Baik untuk pembuatan baru maupun memperpanjang.

“Khusus bagi KTP perpanjangan, bila perlu penyelesaiannya bukan hanya hitungan hari lagi, namun menit atau bisa ditunggu. Sebab urusan mereka sifatnya hanya memperpanjang, dimana warga terkait sudah terdaftar sebelumnya,”sambung Herman.

Untuk mempermudah urusan tersebut, lanjut Herman, pihaknya meminta Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) agar memprogramkan mobil KTP keliling, seperti mobil pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling yang sudah diterapkan Poltabes Pekanbaru saat ini.

“Sistimnya, mobil tersebut berkeliling dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya di Kota Pekanbaru. Dimana pengurusannya, bisa langsung siap dan bisa ditunggu,”kata Herman.

Menyingkapi usulan Wako ini, Kepala Disdukcapil Pekanbaru, M Noer, mengungkapkan akan berupaya mewujudkan ide tersebut. M Noer mengakui Disdukcapil Pekanbaru belum punya mobil sebagai alat operasional keliling. Namun M.Noer berjanji akan memasukkan pengadaan mobil tersebut dalam APBD-Perubahan 2010 ini.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, Disdukcapil akan segera melakukan keliling ke setiap kecamatan untuk melayani perpanjangan KTP,”terang M.Noer.(Surya/mtr)

Posting Terkait