Periksa Kehamilan Gajah, Riaupulp Hadirkan Dr Hewan

PEKANBARU (RiauInfo) – Menjelang masa persalinan, dua ekor gajah yang tergabung dalam APRIL Flying Squad Camp PT. Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp) Estate Ukui, mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari dokter hewan CECOM Foundation, Rabu (22/10) kemarin, di APRIL Flying Squad Camp, Ukui, Kabupaten Pelalawan.

Dalam kunjungan Tim Dokter Hewan tersebut hadir juga Dierktur CSR Riaupulp Amru Mahalli, Public Relations Coordinator Riaupulp Salomo Sitohang , Media Relations Riaupulp Sufandi serta beberapa tim lainya.

Menurut drh. Agusafik dan drh Wibisono yang melakukan pemeriksaan terhadap dua ekor gajah tersebut, pemeriksaan ini dilakukan Riaupulp mengingat usia kehamilan dua ekor gajah tersebut sudah memasuki bulan ke 22 dan diperkirakan akan segera melahirkan dalam beberapa minggu kedepan. 

Oleh sebab itu, pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan gajah ini sangat penting agar dalam proses persalinan nanti dapat berjalan dengan lancar, jelasnya. 

Menurut Agusafik, dari hasil pemeriksaan dan tanda-tanda yang terlihat satu dari dua ekor gajah tesebut dalam dua bulan kedepan akan melahirkan namun yang satu ekor lagi masih hamil muda. 

Dikatakannya, jika sudah mendekati kelahiran biasanya air susu gajah akan keluar bila diperah dan hal itu menandakan masa persalinan tinggal menunggu hari saja. Sedangkan kondisi umum kedua gajah tersebut saat ini sangat baik, tambahnya.

Sementara Direktur CSR Riaupulp Amru Mahalli mejelaskan, Riaupulp sengaja mendatangkan tim medis (dokter hewan) untuk memeriksa kehamilan dua dari tiga ekor gajah betina yang ada di Flying Squad Camp Riaupulp Estate Ukui ini agar perkembangan kehamilan kedua ekor gajah tersebut dapat senantiasa diketahui. 

Beberapa bulan sebelumnya pemeriksaan kandungan gajah oleh dokter hewan juga telah dilakukan oleh Riaupulp dan memasuki usia kandungan 22 bulan bulan pemeriksaan yang sama kembali dilaksanakan. Hal ini untuk memastikan agar segala sesuatunya berjalan normal dan lancar. 

Hal lain yang diharapkan dari pemeriksaan ini adalah untuk memprediksi masa persalinan sehingga Riaupulp berharap dapat mendokumentasikan proses persalinan kedua ekor gajah tersebut, ucap Amru.(ad/rls)

Rizki: