Perencanaan Pemprov Riau Belum Matang

553 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Anggota Komisi A DPRD Riau, H M Rizal Akbar S.Si, menilai bahwa perencanaan yang dibuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sama sekali belum matang. Pasalnya dilihat dari perencanaan tahun lalu bahwa realisasi fisik hanya mencapai 96 persen.

“Ya, saya rasa perencanaan yang telah dibuat Pemprov Riau belum matang. Oleh karena itu, untuk tahun ini perencanaan itu harus digesah sehingga realisasi fisik mencapai 100 persen. Sayangkan anggaran yang ada tak terpakai,” ungkap Rizal Akbar dalam Hearing Komisi A DPRD Riau dengan Sekretaris Daerah Provinsi Riau di Kantor DPRD Riau, Rabu (19/9).

Rizal Akbar mempertanyakan kepada Sekdaprov Mambang Mit, hingga September 2007 berapa realisasi fisik yang telah dicapai? Mambang langsung menjawab, realisasi fisik hingga September 2007 baru mencapai sekitar 60 persen. Kalau masalah perencanaan terus dioptimalkan. “Karena kita tetap berpaku kepada azaz efisiensi. Sehingga perencanaan dapat berjalan lebih optimal,” kata Mambang.

Adapun realisasi fisik tahun 2006 sekitar 96 persen, realisasi keuangan 86 persen. Sedangkan efisiensinya terjadi di tahun 2006 10 persen. Sementara itu 4 persen yang belum terlaksana. Hal itu diakuinya bahwa adanya beberapa pertimbangan dan kebijakan yang belum berjalan. Kedepannya kita akan lebih mengoptimalkan perencanaan ini,” tukasnya. (Dd)



Posting Terkait