Perencanaan Pembangunan Bukan Untuk Perorangan

721 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Bupati Bengkalis, H Syamsurzal menjelaskan, apapun bentuk perencanaan pembangunan yang dibuat, prosesnya harus melibatkan banyak pihak. Selain input (masukan), seluruhoutput (produk) dari perencanaan yang dibuat harus ditujukan bagi kepentingan masyarakat banyak. Bukan untuk kepentingan orang perorang. 

Sebagaimana dilaporkan Kabag Humas Pemkab Bengkalis, penegasan itu disampaikan Syamsurizal, ketika membuka Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (Forum SKPD) Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2007.

Pelaksanaan Forum yang merupakan bagian dari tahapan perencanaan pembangunan daerah sebagaimana diamanatkan peraturan perundang-undangan itu, dilaksanakan di ruang rapat lantai II Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkalis, Selasa (6/3) kemarin.

Pada bagian lain, bupati mengungkapkan, bahwa perencanaan yang dibuat harus dapat diimplementasikan untuk pelaksanaan pembangunan yang berkesinambungan. Bukan untuk kegiatan pembangunan yang sifatnya tambal sulam.

”Selain itu, perencanaan yang dibuat, harus disesuaikan dengan potensi tempatan atau kondisi ril daerah. Kemudian, perencanaan yang dibuat itu juga harus dilakukan melalui koordinasi yang baik antar komponen terkait serta harus dapat menjadi dasar berpijak bagi keberhasilan pembangunan untuk jangka panjang,” tegas Syamsurizal.

Di kesempatan itu juga, secara detail bupati memaparkan berbagai aspek lain yang harus diperhatikan agar perencanaan yang dibuat itu baik dan benar. ”Perencanaan yang baik bukan saja diperlukan, tetapi sangat menentukan keberhasilan pembangunan secara keseluruhan,” imbuh bupati.

Sementara itu, selaku ketua pelaksana, Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis, H Azwar mengatakan, Buka Forum SKPD Tahun 2007 ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam proses penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bengkalis.

“Forum antar SKPD dilaksanakan dengan tujuan agar terjadi singkronisasi dan koordinasi dalam hal Penyusunan Program dan Kegiatan antar SKPD, sehingga diperoleh rumusan Program/Kegiatan yang akan dibahas pada Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kabupaten sebagai bahan Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2008,” terang Azwar.

Mengenai mekanisme pelaksanaan Forum SKPD tersebut, Azwar menjelaskan, dilaksanakan dalam bentuk diskusi dan pembahasan Rencana Kerja (Renja) setiap SKPD yang dikelompokkan ke dalam 3 Bidang yaitu Bidang Ekonomi, Bidang Fisik dan Prasarana, dan Bidang Sosial Budaya.

“Hasil yang diharapkan dari Forum ini adalah rumusan yang akan dipergunakan sebagai masukan dalam pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah pada Forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten tahun 2007,” imbuh Azwar seraya mengatakan Musrenbang dimaksud akan dilaksanakan Rabu (7/3) besok (hari ini).

Posting Terkait