PERCEPATAN PEMBANGUNAN DAERAH Gubri: BI Harus Proaktif

JAKARTA (RiauInfo) – Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal mengajak seluruh pimpinan Bank Indonesia (BI) yang bertugas di berbagai daerah untuk proaktif membantu percepatan pembangunan daerah. Sinergisitas BI dengan Pemerintah Daerah sangat diperlukan, apalagi di era otonomi daerah saat ini.

“BI ini tugasnya memang pengawasan. Tapi BI harus mampu mendorong bank-bank pelaksana untuk secara proaktif membuat skim-skim (pinjaman) yang sesuai dengan potensi dan karakteristik suatu daerah,” kata Gubri saat menjadi pembicara pada acara Inspirational Leadership bagi para pimpinan BI dari berbagai daerah di Indonesia, di Gedung Heritage Learning Center, Jakarta, Selasa (3/5). Selain Gubri, hadir juga sebagai pembicara Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Ahsanul Qosasih.

Gubri mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu banyak kritik yang disampaikan menyusul adanya Pemerintah Daerah yang menyimpan uangnya di SBI. Dijelaskan Gubri, uang yang disimpan di SBI tentu saja tidak ada manfaatnya bagi masyarakat dan percepatan pembangunan. “Kita tidak mengharamkan SBI. Tapi kalau uang disimpan di situ, ya menjadi idle (tidak berputar, red). Kalau hanya mengharapkan bunganya saja, anak kecil juga bisa. Makanya, saya menghimbau mari kita proaktif membuat skim-skim yang sesuai dengan potensi dan karakteristik suatu daerah,” urainya.

Gubri menyebut bahwa banyak sekali potensi di daerah yang belum tereksploitasi dengan baik. Tidak mungkin potensi tersebut dapat dieksploitasi bila anggarannya tidak ada atau minim. Di sinilah, menurut Gubri, tugas para pimpinan BI di daerah untuk ikut mendorong bagaimana agar potensi tersebut dapat dieksploitasi dengan memberikan dukungan anggaran yang memadai. “Potensi ada, tapi anggaran tidak ada kan percuma. Nah di sinilah peran BI. Mari sama-sama kita bersinergi agar potensi tersebut dapat tereksploitasi secara optimal,” sebut Ketua Umum Depinas SOKSI itu.

Gubri juga meminta agar para pimpinan BI di berbagai daerah tidak mudah patah arang ketika menemukan kepala daerah atau pejabat pemerintah yang sulit diajak bekerja sama. Ditegaskan Gubri, pada prinsipnya semua pihak siap bekerja sama dalam membangun daerah. Hanya saja, terkadang masalah sumber daya manusia menjadi kendala utama. “Masalah SDM ini adalah masalah bangsa kita. Tapi saya minta para pimpinan BI tidak mudah putus asa,” harapnya seraya mengungkapkan berbagai rintangan yang pernah terjadi dalam pembangunan Provinsi Riau. Tapi saat ini Riau telah berkembang dan menjadi salah satu provinsi yang pembangunannya cukup pesat.

Menyinggung masalah kepemimpinan yang menjadi topik utama pada acara tersebut, Gubri mengatakan bahwa kepemimpinan adalah bagaimana menjadi manager yang baik. “Kepemimpinan adalah bagaimana menggerakkan orang untuk mencapai tujuan bersama. Kalau pemimpinnya tidak bisa berbuat apa-apa, ya susah,” tandasnya. (rls)

Rizki: