Perbaikan Jalan Rusak di Riau Jadi Terkendala

571 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kerusakan jalan di Riau tampaknya akan terus menjadi “makanan” sehari-hari pengendara di daerah ini. Sebab upaya untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut akan terus berhadapan dengan kendala.

Salah satu kendalanya adalah minimnya dana yang dianggarkan pemerintah pusat untuk memperbaiki jalan tersebut. Padahal jalan-jalan yang rusak itu umumnya merupakan jalan nasional.

Kepala Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Riau Lukman Abbas di Pekanbaru, Senin, mengatakan minimnya anggaran menyulitkan pihaknya melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap jalan-jalan nasional di Riau.

Biaya untuk memelihara jalan secara teknis setiap kilometernya sekitar Rp14 juta hingga Rp21 juta, sementara itu anggaran yang dialokasikan oleh pemerintah pusat hanya sekitar Rp8 juta,” katanya.

Menurutnya selama ini pihaknya telah mengajukan permintaan tamnahan anggaran pemeliharaan jalan nasional, namun hingga kini belum ada respon positif dari pemerintah pusat.

Ia juga mengatakan anggaran tersebut tidak bisa dialokasikan dari APBD Riau, mengingt peruntukan anggaran pemerintah provinsi bukan untuk memperbaiki aset nasional.(Ad)

 

Posting Terkait