Perangko Seri PON XVIII Diluncurkan

853 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Perangko seri PON XVIII Riau 2012 resmi diluncurkan. Diharapkan lewat prangko ini penyelenggaraan ivent empat tahunan itu dikenal masayarakat luas, tidak hanya di dalam negeri tapi juga luar negeri.

Peluncuran prangko tersebut dilakukan di hotel Holiday Inn Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/2) malam, yang ditandai dengan penandatanganan sampul pertama prangko seri PON oleh Ketua Umum PB PON, HM Rusli Zainal dan Dirut PT Pos Indonesia I Ketut Mardjana.

Turut Hadir, Ketua harian PB PON, Syamsurizal bersama beberapa pengurus PB PON lainya, Kadispora dan Pariwisata Pemprov Jabar dan jajaran pengurus KONI pusat.

Melalui kerjasama ini, PT Pos Indonesia akan menerbitkan 300 ribu set prangko dengan harga. Rp15.000/set dan dua jenis sampul hari pertama di cetak sebanyak 40.000 set dengan harga Rp9.500/set.

Masa berlakunya mulai 22 Februari 2012 sampai 31 Desember 2017, sedangkan masa jual prangko tersebut mulai 22 Februari sampai 31 Desember 2015.

Dalam sambutannya, Rusli menyatakan kerjasama dengan PT POS yang mempunyai jaringan luas dan pasar sangat besar, diharapkan dapat memberikan informasi dan mempromosikan penyelenggaraan PON XVIII Riau di seluruh penjuru dunia,

“Perangko ini akan tersebar hampir di seluruh dunia, sehingga orang mengetahui penyelanggaraan PON di Riau. PON Riau juga akan mencatat sejarah dan terarsip di negara-negara dunia,” ujar Rusli yang juga Gubernur Riau itu.

Oleh karena itu lanjut Rusli, sukses promosikan PON sangat penting sekali, untuk mencapai visi dan misi Riau yakni menjadi pusat perekonomian dan kebudayaan di Asia Tenggara tahun 2020 mendatang.

“Kita tahu ada empat catur suses yang dicanangkan, yakni sukses dalam penyelenggara, prestasi, peningkatan ekonomi rakyat, dan mempromosikan kebudayaan melayu Riau,” terang Rusli seraya mengatakan bahwa yang melatarbelakangi Launching Prangko seri PON XVIII sebagai media promosi dan informasi di Bandung, karena cikal bakal PT POS berasal dari Kota Perahiangan ini .

Pada kesempatan itu, Rusli juga menyingung pelaksanaan Islamic Solidarity Games III yang juga akan diselenggarakan di Riau. “Di samping PON saya sampaikan, Riau juga dipercayaakan oleh ISSF menggelar ivent olah raga ISG yang diikuti 57 negara Islam pada tahun 2013 akan datang,” ungkapnya.

Sementara itu, I Ketut Mardjana menjelaskan, prangko seri PON XVIII kali ini terdire dari enam desain yaitu, Maskot PONXVIII burung Serindit yang sedang melakukan beberapa aktifitas cabang olahraga dipertandingkan nanti, di antaranya desain prangko dengan Cabor 0erjun Payung, Menembak, Senam, Sepak Takrau, Layar dan Canoe.

“Mascot PON XVIII menggunakan burung Serindit yang menggunakan busana melayu khas Riau dengan warna kebesaran melayu berwarna kuning lengkap dengan songket dipinggangnya ini, meruapkan khas daerah provinsi Riau. Bagi orang melayu Riau, Serindit dimitoskan sebagai kebijaksanaan, keindahan, keberanian, kesetiaan, kerendahan hati dan lambang kearifan,” bebernya.

Ditambahkan Ketut, PT Pos menjadi pernpajangan tangan pemerintah tentu saja akan berperan aktif dan berpartisipasi dalam menyukseskan berbagai kegiatan, termasuk PON XVIII di Riau. “PT POS sangat berkomitmen untuk menyebar luaskan tentang penyelenggaraan PON di Riau, melalui prangko dan juga twiter, Facebook dan lainnya,” pungkas Ketut.(zas/rls)

Posting Terkait