Perangko Ganda Penuh Warna Bagi Filateli

903 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Koleksi perangko bagi peminat Filateli kian bertambah. Perangko edisi ini penuh dengan histori hubungan diplomatis dua negara yang dulunya berperang. Tahun ini hubungan diplomatik Indonesia dan Negara Jepang memasuki tahun ke-50. Peringatan ini juga ditandai ke dua negara dengan menerbitkan perangko.

Perangko ini dinamakan perangko bersama Indonesia-Jepang, Joint Issue of Stamps (JIS). Penerbitan Prangko bersama tahun ini berbeda dengan seri-seri JIS sebelumnya yang hanya menampilkan satu prangko untuk setiap negara. Terbitan sekarang menampilkan 5 prangko dari masing-masing negara dengan tema yang berbeda sehingga seluruhnya berjumlah sepuluh prangko.

Ada dua terbitan perangko bersama ini. Pertama dicetak dalam format minisheet yang memuat seluruh perangko. Terbitan fullsheet memuat seluruh prangko yang masing-masing memuat delapan prangko. Objek gambar ditampilkan dalam perangko baru ini bertemakan alam wisata seperti gunung, danau Kalimutu dan gunung Fuji, Candi Borobudur serta Pagoda dari Toji, Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldi) dan Sakura (Cherry Blossoms).

Tema lainnya adalah gambar kebudayaan alat musik kedua negara seperti Angklung dari Indonesia dan Gaku-Biwa dari Jepang. Untuk tema Fauna, ada gambar ikan hias seperti ikan Arwana merah (Sclerophages formosus) dari Indonesia dan Koi (Cyprinus carpio) dari Jepang.

Tasman. SE. Akt yang menjabat Kepala Kantor Pos Cabang Pekanbaru mengatakan hal tersebut kepada wartawan (29/4) di Pekanbaru.”Peminat Filateli bisa mendapatkan perangko ini di kantor pos-kantor pos terdekat,”ungkap Tasman.(Surya)

 

Posting Terkait