Peralihan Musim Rawan Hujan dan Angin Kencang

560 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan dan angin kencang disertai petir rawan melanda wilayah provinsi Riau dalam bulan ini. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, keadaan tersebut dipicu oleh masa transisi atau peralihan musim yang sedang terjadi saat ini. 

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, peluang angin kencang tersebut terjadi akibat tekanan rendah di sejumlah perairan Riau. Selain itu, di masa peralihan musim saat ini juga menimbulkan angin kencang serta awan dan petir di wilayah Riau.

Sedangkan akibat hujan tersebut, kebakaran hutan dan lahan juga menjadi tertakan hingga tidak ada satu titik api pun di wilayah Provinsi Riau dalam dua hari ini. “Harus diwaspadai adanya angin kencang atau puting beliung disertai hujan dan petir dalam masa transisi cuaca dalam bulan ini,”ujar Ardhitama kepada RiauInfo.

Sementara itu, Jumat (5/09) ini, BMG melaporkan hanya satu titik api terdapat menyala di provinsi Sumatera Selatan di seluruh wilayah pulau Sumatera. Menurut staf analisa Warih, peluang hujan masih akan terjadi pada waktu malam dan dini hari dengan intensitas ringan hingga sedang merata untuk wilayah Riau hari ini.(Surya)

Posting Terkait